KLASIFIKASI C.45 DENGAN METODE DECISION TREE

KLASIFIKASI C.45 DENGAN METODE DECISION TREE


Disini kami membahas tentang penggunaan Algoritma C.45 
dengan software Rapid Miner.

Pengujian Algoritma Decision Tree dengan Rapid Miner
Klasifikasi merupakan Suatu teknik menemukan kumpulan pola atau fungsi yang mendeskripsikan serta memisahkan kelas data yang satu dengan yang lainnya untuk menyatakan objek tersebut masuk pada kategori tertentu dengan melihat pada kelakuan dan atribut dari kelompok yang telah didefinisikan
Decision tree adalah struktur flowchart yang menyerupai tree (pohon), dimana setiap simpul internal menandakan suatu tes pada atribut, setiap cabang merepresentasikan hasil tes, dan simpul daun merepresentasikan kelas atau distribusi kelas. Alur pada decision tree di telusuri dari simpul akar ke simpul daun yang memegang prediksi. (Han, J., & Kamber, M. (2006). Data Mining Concept and Tehniques. San Fransisco: Morgan Kauffman.) 
Metode Decision Tree ini popular karena mampu melakukan klasifikasi sekaligus menunjukkan hubungan antar atribut. Banyak algoritma yang dapat digunakan untuk membangun suatu decision tree, salah satunya ialah algoritma C45.
Algoritma C4.5 dapat menangani data numerik dan diskret. Algoritma C.45 menggunakan rasio perolehan (gain ratio). Sebelum menghitung rasio perolehan, perlu dilakukan perhitungan nilai informasi dalam satuan bits dari suatu kumpulan objek, yaitu dengan menggunakan konsep entropi

Apa Itu RAPID MINER. . ?

RapidMiner sebagai software pengolah data mining menyediakan tool untuk membuat decision tree. Hal ini tentu akan memudahkan kita membuat decision tree dengan menggunakan RapidMiner dibandingkan membuat decision tree secara manual yaitu dengan melakukan perhitungan menggunakan algoritma C4.5.


*** Fandi Media ***

0 Response to "KLASIFIKASI C.45 DENGAN METODE DECISION TREE"

Post a comment