Jenis-jenis Frekuensi RAM DDR4 2133, 2400 dan 2666 (Wajib diketahui sebelum Upgrade RAM)

Jenis-jenis Frekuensi RAM DDR4
Ferquensi RAM 2133, 2400, 2666 penting diperhatikan 
Sebelum Memutuskan Upgrade RAM 

Komputer merupakan salah satu perangkat yang saat ini sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari pelajar, gamer, hingga pekerja membutuhkan perangkat ini. Namun tentunya, kebutuhan kapasitas memori untuk masing-masing kalangan akan berbeda-beda. Misalnya, kebutuhan kapasitas gamer berbeda dengan pelajar yang hanya menggunakan komputer hanya untuk browsing atau mengetik. Inilah yang biasa disebut kebutuhan akan RAM.

RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan data semenatara yang diproses oleh prosessor sebelum akhirnya data disimpan pada media penyimpanan. Singkatnya, RAM merupakan perangkat keras yang perannya sangat vital dalam pengoperasian sebuah data. Kecepatan sebuah RAM sangat menentukan waktu yang dibutuhkan prosessor untuk melakukan proses “pemanggilan” data. Itu artinya, semakin besar kapasitas frekuensi RAM, maka semakin cepat dan stabil pula kinerja komputer.

Saat ini, RAM yang digunakan adalah RAM DDR yang sudah mencapai generasi ke lima yang baru saja diluncurkan pada 2018 lalu. Sedangan, RAM DDR yang kini populer dan paling banyak digunakan adalah RAM DDR4 keluaran 2014. Sebab, frekuensi RAM DDR4 cukup mendukung keperluan penggunaan komputer masa kini.

Perbedaan Frekuensi pada RAM DDR4

Frekuensi atau kecepatan clock memory pada RAM, biasanya tertera pada spesifikasi setiap memori. Namun, biasanya nilai yang tertera bukanlah kecepatan secara aktualnya. Misalnya begini, jika Anda membeli DDR-200, maka kecepatan RAM sebenarnya adalah 100 – 200 Mhz. Jadi, seri yang tertera lebih cepat dari kecepatan aslinya.

Pada RAM DDR4 terdapat beberapa pilihan frekuensi. RAM DDR4 memiliki frekuensi minimal 1600 Mhz sampai 3200 Mhz. Namun, yang sering dibeli atau yang diminati banyak orang adalah mulai dari fekuensi 2133 Mhz, 2400 Mhz, hingga 2666 Mhz, Karena Frequesi RAM Tersebut banyak digunakan oleh jenis Laptop dan Komputer standar Processor Intel Gen ke 8. Jenis-jenis frekuensi RAM ini sangat penting Anda ketahui, sebelum memutuskan untuk membeli RAM atau meng-upgrade RAM. Sebab, besaran frekuensi ini sangat berpengaruh pada kinerja komputer dan kebutuhan Anda.


Selain mengetahui jenis frekuensi RAM DDR4, penting juga untuk mengetahui perbedaan dari semua jenis frekuensi RAM. Dari ketiga jenis RAM DDR4 yang paling diminati tersebut, perbedaannya sebetulnya tidak banyak. Hanya saja, semakin besar frekuensinya, semakin cepat pula kinerja RAM-nya. Misalnya, jika Anda memilih jenis frekuensi 2133 Mhz, tentu kinerja dan kecepatannya lebih rendah dibandingkan dengan frekuensi 2666 Mhz.

Kelebihan DDR 4 dari Pada DDR 3

Ada satu kelebihan RAM DDR4 yang penting untuk Anda ketahui dan jadikan pertimbangan. Meski frekuensi kecepatan RAM DDR4 lebih tinggi dibandingkan RAM DDR3, namun penggunaan daya atau energy pada RAM DDR4 lebih efisien dibandingkan RAM DDR3. Penggunaan energi pada RAM DDR4 hanya sekitar 1,2 V saja. Apalagi, RAM DDR4 mampu menampung hingga 16GB kepadatan memori.

Cara Cek Frequensi dan Jenis RAM Pada Sebuah Laptop
anda tingggal Install CPU Z, atau bagi yang belum ada silahkan langsung Download CPZ pada Link Berikut.

Silahkan Coba Lihat Detail Gambar Berikut :


Jenis frekuensi mana yang akan Anda pilih, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Jenis-jenis Frekuensi RAM DDR4 2133, 2400 dan 2666 (Wajib diketahui sebelum Upgrade RAM)"

Post a comment