Macromedia Flash 8 Hingga Menjadi Adobe Flash CSx

 Macromedia Flash dan Adobe Flash
Samakah Adobe Flash dengan Macromedia Flash


Sejarah Awal dan Pendiri Flash

Awalnya Macromedia Flash ini dikembangkan oleh Seorang siswa bernama Jonathan Gay Pada tahun 1980-an, yang hanya digunakan untuk membuat Gambar. Sejak awal berdirinya Macromedia Flash yang kita kenal sudah sering kali berganti nama, yang dikarenakan perkembangan kemampuan Flash itu sendiri, dan fitur-fitur yang ditambahkan oleh perusahaan perusahaan yang ikut bekerja sama untuk membangun Flash.

SmartKetch, CelAnimator, menajdi Future Splash Animator

Terakhir sebelum berubah nama Sebelum Macromedia Flash pernah juga memakai nama SmartKetch, Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. Dan pada tahun 1995 ini, Kemudian SmartSketch sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.

FutureSplash animator yang begitu sukses di pasar komputer dan Microsoft mendekati para pengembang hanya dalam beberapa bulan dari rilis program tersebut. Microsoft merencanakan versi online dari MSN dan percaya bahwa FutureSplash akan memberikan kualitas grafis terhalus dan tertinggi. Disney Online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan situs web mereka. Pada bulan November 1996, Macromedia menawarkan untuk membeli program dan pada bulan Desember dan Gay menerimanya. Macromedia Kemudian FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0 dan mempekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President.

Macromedia Flash 1 - 8

Pada Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave plugin browser untuk produk animatornya.  Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0.

Selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan 1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul April 1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG Macromedia mengumumkan membuka format file *.swf bagi publik.

Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000. Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. Hingga akhirnya Pada Bulan September 2005 Lahir Macromedia Flash 8 Profesional yang laris dipasaran.


Macromedia di Akuisisi Adobe tahun 2005 dan berubah nama menajdi Adobe Flash CS3 pada tahun 2007

Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash. Perubahan dimulai pada macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 pada April 2007. Sejak tahun 2007 maka barulah bermunculan Adobe Flash CS3. Adobe Flash CS5 dan Versi Terakhir adalah Adobe Flash CS6 pada tahun 2014 dengan Fitur fitur terbaiknya sebagai berikut :


3 Keunggulan Adobe Flash CS6

Kelebihan lain dari Adobe Flash CS6 adalah :
  • Adobe Flash CS6 apat dikombinasikan dengan berbagai software, misal Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan software lain. 
  • Adobe Flash CS6 dapat diaplikasikan untuk pembuatan animasi kartun, animasi interaktif, efek-efek animasi, banner iklan, website, game, presentasi, dan lain-lain. 
  • Hasil akhir dari pembuatan Adobe Flash dapat dikonversi dan dipublish dengan ukuran file yang relatif kecil, dengan format beberapa tipe file extensi diantaranya: .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, dan .mov.

Fitur - fitur terbaik yang ada di Adobe Flash CS6
Versi Adobe Flash dari Awal sampai yang baru dan terupdate
Sama kah Macromedia dengan Adobe Flash

*** Fandi Media ***

0 Response to "Macromedia Flash 8 Hingga Menjadi Adobe Flash CSx"

Post a comment