Cara Mudah Convert Word ke PDF pada Microsoft Office

CARA CEPAT CONVERT WORD KE PDF
Menyimpan atau Convert Word ke PDF pada Microsoft Office
Cara Menggunakan Save As PDF


Seringkali format PDF dibutuhkan untuk berbagai macam hal yang lebih formal. Ada yang menggunakannya untuk mengubah file untuk di burning ke CD, ada yang menggunakannya untuk menyimpan data skripsi, atau menggunakannya untuk mengirim CV. Format file PDF memang sangat dibutuhkan dalam tujuan bisnis atau akademis.

PDF yang merupakan akronim dari Portal Document Format adalah suatu format file yang digunakan untuk menyimpan dokumen tetrentu dalam bentuk rincian teks, gambar, atau bentuk dokumen lain. Istilah portable di sini menandakan, bahwa format file PDF sangat fleksibel atau bisa digunakan di computer manapun. Sehingga, jika Anda membuka file dengan format PDF, Anda bisa membukanya di mana saja tanpa bisa diubah kembali file-nya.

Nah, untuk para pengguna Ms. Office 2007 yang ingin menyimpan berkas dengan format PDF dari Ms. Word, salah satu caranya adalah dengan memasang sebuah add-in Microsoft. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa langsung melakukan konversi dokumen ke PDF tanpa harus menggunakan software tambahan. Setelah memasang add-in ini, maka semua dokumen Ms. Office bisa langsung diubah ke dalam format PDF. Lantas, bagaimana cara menyimpan Word sebagai file PDF pada Ms. Office 2007? Simak informasinya berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur ‘Save as PDF’

Bagi Anda yang masih belum jelas atau bahkan belum mengetahui cara menggunakan fitur ‘save as PDF’, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka ‘2007 Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS’ dari laman resmi Microsoft, kemudian unduh dan pasang pada PC Anda. Jika ada opsi untuk memasang aplikasi tambahan, sebaiknya buang centang agar yang diunduh hanyalah add-inSave as PDF or XPS.
  2. Setelah terpasang pada PC Anda, silahkan bukan file dokumen dari Ms. Office 2007 yang ingin Anda ubah ke dalam format PDF.
  3. Setelah terbuka, pilih File >Save as – PDF or XPS. Anda juga bisa menggunakan shortcut CTRL + S untuk menyimpan file.
  4. Terakhir, simpan Word tadi sebagai PDF dengan memilih Save as type: PDF (*.pdf), kemudian pilih Publish.
Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan jika inging meng-convert Ms. Word ke format PDF fi Ms. Office 2007. Setelah memasang add-in pada Ms. Office 2007 Anda, maka Anda tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan untuk menyimpan dokumen dalam format PDF. Namun, konon kabarnya, add-in untuk Save as PDF or XPS resmi dari Microsoft sudah tidak ada lagi, maka Anda bisa mengunduh file gantinya yang bernama Hippo. Cara yang dilakukan untuk mengunduh dan memasangkan di PC Anda sama saja. Anda bisa mencoba dengan dua cara tersebut yang mana yang berhasil di PC Anda.





Cara Mudah Mengubah Word ke Pdf atau sebaliknya dari Pdf ke Word tanpa Aplikasi
Cara Cepat Menggabungan File PDF dengan Combine Pdf
*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara Mudah Convert Word ke PDF pada Microsoft Office"

Post a comment