Smartphone Terbaik yang Bisa Upgrade RAM

 3 Smartphone Terbaik yang Bisa Upgrade RAM

Saat akan membeli smartphone baru, selain harga, ukuran RAM juga kerap menjadi salah satu pertimbangan. Pasalnya, semakin besar RAM, maka kinerja smartphone juga akan semakin cepat. Apalagi, bagi Anda yang membeli smartphone untuk kebutuhan kerjaan. Sudah jadi barang tentu RAM menjadi pertimbangan utama.

Sebelum smartphone secanggih saat ini, pernah ada tren menambah RAM smartphone dengan cararoot. Sebetulnya, cara ini tidak disarankan oleh produsen smartphone, karena bisa membuat smartphone cepat rusak. Sebab, mengupgrade RAM menggunakan cara ini seperti memaksa smartphone bekerja tidak sesuai dengan kapasitasnya.

Kini, penambahan RAM rupanya masih menjadi minat para pemilik smartphone yang membutuhkan ruang memori RAM yang luas, tetapi belum sanggup menggelontorkan uang untuk membeli smartphone dengan RAM sangat besar. Tidak jarang muncul pertanyaan di kalangan pemilik smartphone, bisakah RAM pada smartphone diupgrade? Misalnya, dari RAM 512 MB menjadi 1 GB. Jawabannya, bisa saja, tetapi tergantung dari kapasitas dan spesifikasi smartphone itu sendiri.

Berbeda dengan PC atau notebook yang RAM-nya mudah diupgrade, melakukan upgrade smartphone tidak semudah itu. Hal ini karena dukungan memori RAM pada PC atau notebook berupa slot yang bisa dicabut pasang, sedangkan chip RAM pada smartphone biasanya tersolder atau sudah paten di atas motherboard-nya. Sehingga, bisa dikatakan, tidak memungkinkan untuk dilakukan upgrade RAM.

Apalagi, mengingat chip RAM memiliki tipe yang beragam dan tidak sama satu dengan yang lainnya. Kepingan RAM smartphone juga biasanya tidak dijual bebas di pasaran. Sehingga, saat memasangkan RAM yang kapasitasnya lebih besar dari RAM bawaan pabrik, OS belum tentu bisa membacanya. Jadi, daripada bersusah payah melakuan upgrade RAM, saran kami belilah smartphone yang memang bisa upgrade RAM. Seperti apa? Nah, berikut ini kami merekomendasikan beberapa smartphone yang bisa melakukan upgrade RAM.

1.    OPPO A74 5G

Fitur penambahan Ram atau RAM Expansion kini hadir di smartphone OPPO A74 5G. Ponsel yang telah dilengkapi dengan sistem operasi Android 11 ini memungkinkan para penggunanya untuk memperluas kapasitas RAM OPPO A75 5G hingga 5 GB. Artinya, RAM ponsel yang sebelumnya hanya berukuran 6 GB, bisa diperluas menjadi 11 GB. Menarik, bukan?

Menurut akun resmi ColosOS, fitur ini bekerja dengan cara mengubah mempri perangkat yang tidak digunakan (ROM) menjadi RAM tambahan. Penggunaan fitur RAM Expansion tentu sangat praktis dan diklaim minim lag. Selian itu, fitur pada OPPO A74 5G ini juga diklaim mampu membuat aplikasi bekerja secara lebh optimal dan mempercepat pengelolaan aplikasi secara bersamaan.

2.    OPPO RENO 5F

Selain OPPO A74 5G, OPPO RENO 5F juga sudah menggunakan fitur RAM Expansion ini. Teknologi ini memungkinkan para pengguna OPPO RENO 5F untuk bisa menyesuaikan kinerja smartphone dengan melakukan konversi penyimpanan internal menjadi RAM. Tujuannya, tentu untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup para penggunanya.

Para pengguna OPPO RENO 5F akan diberikan kebebasan untuk menyesuaikan besarnya vlume ekapansi RAM yang diinginkan. Opsi untuk ekspansi RAM pada OPPO RENO 5F mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB. Fitur ini tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna OPPO RENO 5F dalam melakukan multitasking, sehingga akan lebih lancar dilakukan dengan teknologi ini.

3.    VIVO V21 5G

Rupanya bukan hanya OPPO yang sudah melakukan inovasi pada ekspansi RAM. Vivo, pada tipe smartphone 5G terbarunya, yaitu VIVO V21 5G juga dilengkapi dengan fitur Extended RAM. Cara kerjanya serupa, yaitu mengubah kapasitas ROM menjadi RAM. ROM sebesar 3 GB bisa dikonversikan ke kapasitas RAM sebesar 3 GB.

Itulah beberapa smartphone yang memiliki fitur perpanjangan RAM, sehingga bisa dilakukan upgrade RAM. Namun, upgrade RAM yang dilakukan juga harus sesuai dengan batas upgrade yang telah ditentukan oleh pabrikan asli smartphone tersebut. Belum semua smartphone dengan merk yang sama mengadopsi fitur ini. Nampaknya, memang para produsen smartphone masih memilah, mana smartphone keluarannya yang resikonya paling rendah untuk ditambahkan fitur RAM expansion ini.


*** Fandi Media ***

0 Response to " Smartphone Terbaik yang Bisa Upgrade RAM"

Post a Comment