Perbedaan SSD NVME dan SSD SATA Yang Harus kamu Ketahui Mei 2022

 
Teknologi Penyimpanan pada komputer pc dan laptop Sudah semakin meningkat seiring berjalannya waktu,pada zaman dahulu teknologi komputer masih menggunakan media penyimpanan yang bernama Hardisk atau HDD , dimana penyimpanan tersebut memang sangat memiliki berbagai macam kekurangan seperti kecepatannya yang lambat,kecepatan membaca dan menulisnya yang begitu lama, ketahanan, dan keakuratan penyimpanannya.

Nah pada Zaman Digital sekarang ini, sudah muncul yang namanya teknologi penyimpanan terbaru yaitu Solid State Drive atau sering di sebut juga (SSD) , yang mana SSD ini memang terbukti lebih ampuh dalam segi kecepatannya ketika sedang membaca dan menulis data tergolong begitu cepat,dan ketahannya dalam menjaga data agar aman dan tidak rusak juga teruji ampuh dan kuat.

Namun tahukah anda ? bahwa SSD juga memiliki beberapa nama lainnya, yaitu SSD NVME , dan SSD SATA , kedua SSD ini memang tergolong penyimpanan yang cepat, tetapi kenapa namanya beda? nah disini kita akan membahas perbedaan dari kedua SSD ini.

Solid State Drive adalah kepanjangan dari SSD. Perangkat ini merupakan salah satu bagian dari komputer yang berguna sebagai media penyimpanan dan booting dan tentunya perangkat ini adalah perangkat penting. SSD bekerja beriringan dengan hard disk yang memiliki fungsi hampir sama dengannya namun SSD lebih unggul dalam segi kecepatan. SSD berbentuk seperti chip memori yang biasa ditemukan pada flash disk. Kebanyakan orang memilih SSD berdasarkan kecepatan yang dimiliki demi kelancaran pengerjaan ketika pengoperasian data.

1.SSD NVME

SSD NVME merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express. Bisa dikatakan, ini adalah terobosan terbaru di bidang SSD karena ia mampu menghubungkan hard drive melalui Port PCIe dan kecepatannya begitu tinggi dalam membaca data, yang berfungsi untuk membangun kecepatan dengan data maksimum sehingga performanya akan lebih maksimal dan mantap.Perangkat ini memiliki jenis memori yang mirip dengan RAM, hanya saja data di dalamnya tidak akan terhapus ketika kamu mematikan komputer atau laptop Serta Bentuknya juga ramping seperti berbentuk ram sehingga sangat mudah dan memberikan ruangan yang luas.

Jadi, bisa dikatakan bahwa SSD NVME ini mampu memanfaatkan kecepatan tinggi yang ditawarkan oleh PCIe. Hal ini berpengaruh pada performanya sehingga kecepatan pacu mesinnya akan seimbang dan cepat yang mana bisa mentransfer data beberapa kali lipat lebih cepat dari SSD lainnya. Tak heran bila kecanggihan yang ditawarkan menjadikannya primadona baru di bidang SSD.

2.SSD SATA

SATA, atau serial ATA merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pengguna komputer di era 90-an. Di tahun ini, komputer dipenuhi dengan kabel abu-abu data besar yang buruk dan dulu kecepatan ATA ini sangat lelet. Waktu terasa berjalan sangat lambat jika bekerja dengan kabel-kabel ATA ini dan kabel-kabelnya memang menyebalkan serta Pada saat ini Bentuk SATA adalah lebih kecil dari HDD dengan tampilan warna menyeluruh warna hitam.

Tahun berubah, perkembangan ke arah yang lebih maju pun terjadi. Di tahun 2000-an,Muncul lah Inovasi baru yang di sebut SATA sebagai jawaban atas kinerja buruk ATA di tahun sebelumnya . SATA memiliki kecepatan yang lebih tangguh dan andal jika dibandingkan dengan ATA generasi sebelumnya. Kabel yang dimiliki SATA pun tidak menimbulkan masalah ketika harus bekerja dengan komputer.

Di tahun-tahun berikutnya, SATA terus mengalami perkembangan. Semakin bertambah tahun, semakin bertambah pula kecepatan yang dimiliki oleh SATA. Jika kamu bicara mengenai SATA yang ada pada saat ini,tentunya itu merupakan versi yang paling baru dari generasi sebelumnya, dengan kecepatan yang sudah ditingkatkan berkali-kali lipat nah jika kamu menggunakan SATA versi zaman dahulu mungkin kamu bakalan kesal dengan kecepatannya yang begitu lambat.

3.Perbedaan SSD NVME dan SSD SATA

Masuk kedalam Aspek Perbedaannya, Tentunya Kita harus memperhatikan dalam aspek fungsinya yaitu dalam segi Kecepatan Membaca dan Menulis Data-datanya,Memang pada SSD NVME itu lebih Unggul dalam Kecepatannya , namun jangan salah sangka bahwa SSD SATA juga masih cukup cepat kok untuk pada zaman tahun 2022 ini , tetapi tentu saja alangkah lebih baik jika menggunakan SSD NVME secara langsung agar bisa memaksimalkan performa PC kamu.

SSD NVME teruji memiliki kecepatan transfer lima kali lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD SATA. Nah Ini berarti SSD NVME memiliki kecepatan 25 kali lipat jika dibandingkan dengan HDD.Sangat Cepat bukan? tentunya kamu bakalan lebih cepat dalam mengerjakan pekerjaan harianmu nih.

Keunggulan SSD NVME : 

  • Harga tergolong menengah ke atas dan bisa terbilang lebih mahal karena ya memang performa yang diberikan itu stabil dan cepat.
  • Kecepatannya sangat tinggi. Mencapai 3500 MB/s dengan konektor M.2 PCIe x4
  • Ukuran ramping dan sejajar dengan motherboard. Sangat efisien dalam penempatan.Serta bentuknya ramping seperti RAM , kecil namun cepat.
Kekurangan SSD NVME :
  • Untuk mengatasi suhu panas yang timbul saat SSD NVME bekerja, dibutuhkan pendingin casing dan motherboard yang optimal (NVME butuh kipas tambahan atau heatsink) serta membutuhkan pendingin fan yang lebih kompleks.
  • Karena Performa yang diberikan itu tinggi dan cepat,tentunya jadi Lebih cepat panas ketika bekerja, jika dibandingkan dengan SSD SATA. Hal ini juga dipengaruhi oleh daya kerja dan kecepatan NVME yang tinggi.
  • Karena NVME memiliki kecanggihan yang bisa menghubungkan hard drive melalui port PCIe, maka perangkat ini butuh motherboard khusus yang mendukung konektor M.2 dengan PCIe x4 atau minimal x2 Jadi tidak bisa menggunakan motherboard biasa ya.
Keunggulan SSD SATA :
  • Harga Terjangkau dan lebih murah,Untuk segi Harga sangat cocok menggunakan SATA yang mana kecepatannya sudah lumayan dan tidak mempunyai budget lebih.
  • Ukurannya lumayan ramping dari pada HDD dan sejajar dengan motherboard. Sehingga tidak terlalu makan tempat. SSD SATA juga tidak membutuhkan kabel sama sekali.
  • Menghasilkan Panas yang sedikit, jadi jika di gunakan tidak akan membuat PC anda terlalu panas atau Overheat.

Kekurangan SSD SATA:
  • Kecepatannya tentu saja tidak bisa diunggulkan jika dibandingkan dengan NVME yang mendapat support dari PCIe.
  • Pada Segi tampilan, SSD SATA memakai PCB warna hijau yang terlihat kurang menarik dan keren.
  • Menyisakan satu slot SATA motherboard yang non-aktif ketika menggunakan SSD M.2 SATA. Hal ini tentu saja mengurangi nilai efisiensi.
Nah begitulah Informasi Penting untuk anda seputar perbedaan SSD NVME dan SSD SATA dalam dunia komputer, dimana SSD NVME lebih unggul dalam kecepatan , namun SSD SATA juga masih worth it kok untuk di gunakan yang mana harganya lebih murah, tetapi jika kamu memang ingin memaksimalkan performa PC komputer kamu, disarankan langsung menggunakan SSD NVME agar bisa tahan lama dan performanya Stabil, Semoga bermanfaat ya.

(L.Ahm)
Jum'at,27 Mei 2022

*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan SSD NVME dan SSD SATA Yang Harus kamu Ketahui Mei 2022"

Post a Comment