"Error 404 Not Found" Maksudnya Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

Apakah kamu Pernah ketika sedang membuka website, aplikasi, atau sebuah media dan platform lalu ketika sedang membuka website tersebut eh malah menampilkan pop up berupa "error 404 not found" hal ini tentunya membuat kesal dong , yang seharusnya kita ingin membuka website belajar atau apapun itu malah menampilkan kata-kata yang menjengkelkan ini, namun tahukah kamu apa maksud dari error 404 not found ini? nahh disini kita akan membahas tentang pesan error ini.

Error 404 adalah sebuah peringatan yang muncul ketika browser Anda tidak menemukan halaman dan tidak mendapatkan data atau file yang diakses. Bisa saja pada konten yang diakses telah hilang, telah diubah atau mengalami kerusakan dan terkena damage.

Pesan kesalahan seperti “Error 404 not found” bisa berasal dari script kodingan website yang Anda kunjungi terdapat kesalahan. Faktor lainnya, mungkin disebabkan oleh server hosting tempat yang digunakan untuk menyimpan file website.Error 404 Not Found adalah kode status HTTP yang menunjukan bahwa halaman yang kamu buka ketika mengakses sebuah website tidak dapat ditemukan pada server.Pesan "Error 404 not found" juga bisa disesuaikan pada setiap website sehingga mungkin popup error 404 nya agak berbeda.

Penyebab Error 404 Not Found

Error 404 Not Found ini di sebabkan oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
  • Halaman telah dihapus atau dipindahkan ke URL lain, namun redirection tidak dilakukan dengan benar.
  • Restrukturisasi URL. Perubahan nama direktori dapat mengakibatkan perubahan pada URL. Jika pengalihan tidak diterapkan maka akan menghasilkan Error 404 Not Found.
  • Invalid URL. Pada beberapa kasus, Error 404 Not Found terjadi karena adanya salah eja ketika mengetikan URL halaman.
  • Compatibility. Pada beberapa kasus, permasalahan dengan plugin dapat memengaruhi URL dan permalink ke website.
  • Server tidak berfungsi.
  • Transfer domain. URL dari domain sebelumnya harus dialihkan ke website baru dengan 301-redirect. Jika tidak dialihkan, maka Error 404 Not Found bisa terjadi
  • Salah Dalam Memasukkan URL
  • Pengaturan DNS yang bermasalah
  • Caching Error
  • Tema atau Plugin bermasalah

Cara Mengatasi Error 404 Not Found
1.Hapus Cache Browser

Ketika menemukan Error 404 Not Found pada website kamu pada saat sedang mengaksesnya, cobalah untuk mengakses halaman website tersebut dari perangkat lain seperti dari smartphone lain atau pc lain. Jika di perangkat lain kamu bisa membukanya, mungkin masalahnya ada pada browser laptop atau device yang kamu gunakan. Atasi hal ini dengan menghapus cookies dan cache browser setidaknya pada website yang kamu kunjungi sebelumnya karena mungkin sudah terlalu banyak cache atau sampah browser yang ada pada device kamu.

2.Periksa dan Ketik Ulang URL Dengan Baik

Kamu bisa cek kembali Ejaan URL kamu , sudah pas dan benar ataukah belum , nah biasanya jika URL nya salah maka akan muncul error 404 not found ini, jadi kamu harus ketik dan cek secara baik ya.

3.Refresh Halaman Websitenya

Tidak ada salahnya untuk mencoba merefresh halaman websitenya, karena mungkin ada terjadi kendala domain yang salah dalam jangka waktu pendek, dan hal itu terkadang bisa teratasi dengan melakukan refresh atau reload.

4.Perbaiki Link

Salah satu penyebab paling umum Error 404 Not Found adalah bagaimana proses web yang di ciptakan agar dapat membuat permanen link. Itu sebabnya kamu perlu melakukan perbaikan dan mengatur ulang pengaturan permalink. Ini bisa dilakukan melalui control panel atau melalui FTP. Serta bisa juga dengan mencoba kembali ejaan dan pengetikan dengan secara baik dan detail.

Nah begitulah maksud dari error 404 not found dan bagaimana cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui maksud dari error tersebut dan mencoba berbagai cara dalam mengatasinya, dan di harapkan kamu bisa mengakses web atau aplikasi tersebut dengan baik kembali, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)
Jum'at,3 Juni 2022



*** Fandi Media ***

0 Response to ""Error 404 Not Found" Maksudnya Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?"

Post a Comment