Perbedaan Kabel UTP CAT 5 dan CAT 6 Yang Harus Anda Ketahui 2022 !!

 


Kabel UTP Merupakan Kabel Jaringan atau kabel LAN , yang mana berfungsi untuk menyambungkan jaringan kesebuah device terutama pc komputer ataupun laptop.Kabel menjadi salah satu pilihan media transmisi yang kuat dan sering diaplikasikan serta biasa digunakan pada perangkat keras atau hardware sebuah laptop atau perangkat lainnya. Maka untuk bisa melakukan instalasi dan penggunaannya  dengan baik anda juga perlu mengenal kabel UTP yang memiliki fungsi sebagai media transmisi atau pengiriman signal agar dapat berjalan dengan baik.

Jika suatu kabel akan diukur performa transmisinya maka lan tester akan mengirinkan sinyal dengan satuan tertentu dari bagian ujung kabel dan saling menghubungkan antara kabel yang satu dan kabel yang lainnya. Kemudian di bagian ujung lainnya receiver akan menerima sinyal tersebut sehingga alat tester dapat menganalisa kualitas dari kabel yang diukur dan dapat mengetahui bagaimana isi kualitas yang tersimpan pada kabel tersebut untuk mendeteksi performanya.

Ada berbagai jenis kabel jaringan komputer yang biasa digunakan dengan fungsi atau kelebihannya masing-masing. Untuk itu agar anda bisa lebih mudah menemukan kabel yang tepat, perlu diketahui dengan baik kelebihan dari masing-masing pilihannya.Dengan begitu anda bisa menggunakan kabel-kabel yang tepat dan berguna pada tempatnya, jadi jangan sampai salah penggunaan kabel pada sebuah operasi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan dari Kabel UTP CAT 5 dan CAT 6 yang mana kedua kabel ini memiliki perbedaan fungsinya masing-masing,kabel tersebut bisa di gunakan untuk operasi jaringan yang sangat berguna dalam menunjang jaringan anda ketika menggunakan sebuah PC atau laptop.

Perbedaan Kabel UTP CAT 5 dan CAT 6

Sebenarnya Istilah dari CAT itu ialah dari kata "CATEGORY" yang mana kabel-kabel pada jaringan memiliki category yang bermacam-macam dan terbagi-bagi sehingga memiliki fungsinya masing-masing.

1. Kabel UTP CAT 5

Kabel UTP cat5 / cat5e adalah kabel dengan standar yang diciptakan tahun 2001 yang mana sudah lama sekali. Kabel ini dapat melakukan transmisi data hingga sebesar 100 Mbit/s yang sama dengan kapasitas kemampuan ethernet dalam melakukan pengiriman sinyal masih cukup kuat dan bagus dalam transmisi data internet.

Namun kabel ini sudah ditingkatkan kemampuannya yaitu versi cat5e dengan speed maksimal 350 MHz atau 1 Gbit/s dengan noise yang sangat kecil saat mengirimkan data dibandingkan dengan cat5. Keuntungannya adalah adanya minimal waktu delay respon saat melakukan pengiriman data sehingga pengiriman data internet jadi lebih optimal.

2. Kabel UTP CAT 6

Kabel UTP cat6 / cat6e merupakan versi premium yang memang harganya lebih mahal dibanding versi cat5. Kemampuannya adalah waktu delay yang nyaris nol saat digunakan untuk mengirimkan data. Selain itu, kelebihan dari kabel ini adalah memiliki panjang maksimal hingga lebih dari 100 meter dengan lebar data yang bisa dikirimkan adalah 10 Gbit/s.Jadi dalam segi Performa memang Kabel UTP CAT 6 ini jauh lebih kuat daripada kabel UTP CAT 5.

3. Perbedaan dalam Berbagai Aspek

Konstruksi

Perbedaan dari Cat 5e dan Cat6 terletak pada konstruksinya pada aspek konstruksi tentunya kedua kabel ini berbeda. Untuk kabel UTP Cat5e, memiliki empat pasang kawat twisted. Kawat ini sangat berpengaruh terhadap pemutaran, sehingga memungkinkan seseorang untuk membatalkan gangguan dalam kawat kedua. Namun, kabel UPT Cat5e ini memiliki standar yang lebih tinggi di bidang manufaktur dan instalasi.

Sedangkan untuk kategori kabel UPT Cat6 yaitu memiliki konstruksi dasar yang sama seperti CAT5. Namun, bedanya berisi pemisah fisik antara empat pasang dipelintir untuk mengurangi interferensi elektromagnetik dan mengurangi kebisingan data. Meski begitu, memiliki standar yang lebih tinggi di bidang manufaktur dan instalasi.

Data Penilaian

Data kecepatan dari UTP dihitung dengan kecepatan megabit perdetik atau Mbps yang mana perbedaannya juga tentunya lebih signifikan. Untuk kabel Cat5e memiliki rating kecepatan yang sangat tinggi yaitu hingga 100 Mbps. Sedangkan, untuk kabel Cat6 memiliki kecepatan yang lebih lambat. Kecepatan ini dinilai dengan 1000 Mbps.

Pertimbangan

Sistem Cat6a akan menyediakan kecepatan hingga 10 gigabit yang mana cukup besar dan kuat. Namun, biaya yang digunakan 30 persen lebih dari sistem CAT5e yang sebanding. Secara umum, pemasangan kabel CAT5e sudah cukup. Namun, jika perangkat jaringan switch dan backbone hanya mendukung kecepatan data sebesar 1000 Mbps.

Crosstalk

Perbedaan kabel UTP Cat 5e vs Cat 6 terletak pada Crosstalk. Kabel Cat 6 kabel dibuat dengan pemisah memanjang yang mana berbeda dari kedua kabel ini. Pemisah ini untuk memisahkan pasangan pair empat kawat tembaga di dalam kabel. Sehingga bisa mengurangi crosstalk gangguan  antara kawat yang menyebabkan kesalahan transmisi. Sedangkan Cat 5 memiliki empat pasang kawat tembaga twisted. Namun, tidak memiliki pemisah antara pasangan.

Bandwidth

Cat 5 kabel yang kompatibel berjalan pada kecepatan 10 dan 100 Mbps Ethernet. Kabel UTP Cat 6 mendukung 10 Mbps, 100 Mbps dan 10 Gigabit Ethernet dalam beroperasi beroperasi. Dengan kecepatan hingga 250 MHz Jelas terdapat sekali perbedaanya.

Penyesuaian

Cat 6 kabelnya tentunya mampu memberikan kecepatan transmisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel Cat 5e. Namun, kecepatan jaringan dapat pergi hanya secepat komponen paling lambat. Untuk semua komponen dalam jaringan dinilai secepat kabel Cat 6. Sehingga, dapat jaringan benar-benar beroperasi pada kecepatan tersebut.

Karakteristik

Kabel UTP Cat5e merupakan jenis kabel yang memiliki karakter paling baru dari UTP. Karena, kabel ini tersusun dari empat pasang kabel. Selain itu, bandwith yang dihasilkan mencapai 100Mbps.

Sedangkan Cat6 merupakan jenis kabel UTP kelas tinggi yang bahannya kuat dan tahan lama. Hal ini terbukti memiliki kekuatan lilitan kabel yang sangat rapat dan rapih, sehingga memiliki kekuatan sinyal yang lebih bagus dibandingkan standar kabel UTP cat5e. Bahkan, kecepatan kabel ini sangat baik dimana lebih tinggi dari kabel lainnya, karena memiliki isolator kabel. Sehingga kabel UTP jenis ini memiliki kualitas penyaluran data yang lebih cepat dengan kecepatakn bandwith hingga 1000Mbps.

Nah begitulah Informasi Terkait Perbedaan Kabel UTP CAT 5 dan CAT 6 , yang mana memiliki perbedaan dari banyak aspek seperti karakteristik, data, penyesuaian, bandwith , kecepatan dan sebagainya , tentunya memang memiliki perbedaan dan semoga informasi ini bermanfaat ya.

(L.Ahm)

Kamis,21 Juli 2022  

*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Kabel UTP CAT 5 dan CAT 6 Yang Harus Anda Ketahui 2022 !!"

Post a Comment