Resume Sistem Pakar Deteksi Penyakit GIGI Pada manusia

SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT GIGI PADA MANUSIA


Latar Belakang
Sistem Pakar disebut juga dengan Kecerdasan buatan yang mana salah satu bidang ilmu komputer yang mendayagunakan komputer sehingga dapat berperilaku cerdas seperti manusia. Ilmu computer mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk menirukan tindakan manusia. Aktifitas manusia yang ditirukan seperti penalaran, penglihatan, pembelajaran, pemecahan masalah, pemahaman bahasa alami, dan sebagainya. Konsep dasar system pakar mengandung keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan, dan kemampuan.
Gigi adalah organ tubuh yang berperan penting dalam mengunyah makanan, membantu kelancaran berbicara, dan juga untuk estetika. Oleh karena itu kesehatan gigi sangat penting. Sistem Pakar adalah sebuah system yang di rancang menggunakan informasi dari Seorang Pakar. Dalam system pakar ada 2 metode yang biasa digunakan para penliti  yaitu runut maju(forward chaining) dan runut balik(backward chaining).
Forward Chaining adalah metode pencarian atau penarikan kesimpulan yang berdasarkan pada data atau fakta yang ada menuju ke kesimpulan, penelusuran dimulai dari data yang ada lalu bergerak maju melalui premis-premis untuk menuju ke kesimpulan.

Tujuan
Tujuan penelitian dari Jurnal ini adalah menghasilkan suatu sistem pakar untuk membantu dokter gigi dalam mendokumentasikan ilmunya. Dan untuk manfaatnya dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan untuk membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem pakar (Kecerdasan Buatan) untuk mendeteksi penyakit gigi pada manusia dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mengakses data.
Berdasarkan hasil wawancara kepada dokter gigi dapat diambil kesimpulan sementara bahwa gigi merupakan organ yang memiliki peranan penting, kesulitan pasien untuk bertemu dengan dokter gigi sewaktu-waktu.

Penerapan
Dalam Penelitian ini Peneliti menggunakan Sitem Operasi Windows denagn Aplikasi Bahasa pemprograman Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access, digunakan untuk menyimpan database dalam system yang akan dibuat.

Kerangka Masalah yang terjadi :



 
Data Flow Diagram :








Pengguna menginputkan keluhan ke dalam sistem. Kemudian sistem akan memberikan hasil diagnosis dan cara penanganan kepadapengguna. Sistem juga mendapatkan input pengetahuan dari pakar dan admin.

Kesimpulan :
Pengetahuan ini didapat dari pakar yaitu dokter gigi. Dalam sistem pakar ini menggunakan metode inferensi forward chaining. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan dokter gigi. Adapun untuk tujuan penelitian adalah menghasilkan suatu sistem pakar untuk membantu dokter gigi dalam mendokumentasikan ilmunya. Dan untuk manfaatnya dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan untuk membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendeteksi penyakit gigi pada manusia dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mengakses data.


*** Fandi Media ***