Mengenal Teknik War Driving

Mengenal  War Driving..?
War driving mungkin masih asing ditelinga kita semua, karena jarang sekali istilah ini digunakan pada saat ini. War driving dulunya sempat juga menjadi pembicaraan dikalangan orang IT. namun seiring berkembangnya tool dan Aplikasi saat ini, Teknik War Driving ini sudah jarang digunakan.

Apa itu War Driving..??
War Driving adalah kegiatan atau aktivitas untuk mendapatkan informasi tentang suatu jaringan wifi dan mendapatkan akses terhadap jaringan wireless tersebut (Berburu Signal Wireless). Umumnya bertujuan untuk mendapatkan koneksi internet, tetapi banyak juga yang melakukan untuk maksud-maksud tertentu mulai dari rasa keingintahuan, coba coba, research, tugas praktikum, kejahatan dan lain lain. 


Wardriving dapat dilakukan hanya dengan menggunakan laptop atau PDA (Personal Digital Assistant) yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang tersedia secara gratis di internet. Perangkat tambahan yang dibutuhkan pun mudah diperoleh seperti antenna, wireless card untuk menghubungkan ke antenna serta perangkat GPS. 

Aktivitas wardriving bisa bernilai positif ataupun negatif tergantung dari apa yang dilakukan oleh wardriver setelah menemukan akses point jaringan nirkabel yang lemah. Seorang wardriver dapat memanfaatkan aktivitas ini untuk menjadi ethical hacker dengan melaporkan kelemahan jaringan nirkabel tersebut kepada pemilik jaringan. Ataupun dapat mengeksploitasi kelemahan jaringan nirkabel dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi.
*** Fandi Media ***