Pengertian Cloud Computing Menurut Ahli

Komputasi Awan atau Cloud Computing
Apa Itu Cloud Computing..?
 
Gambar : Wikipedia
Kata Cloud Computing masih terdengar asing di telinga kita, kata cloud computing ini, sebenarnya adalah istilah internet yang menjelaskan tentang sistem kerja Teknologi Jaringan Komputer yang banyak digunakan oleh perusahaan besar, tujuannya adalah untuk menghemat sumber daya, baik dibidang hardware maupun sofware.

Dalam sistem cloud computing komputer lokal tidak harus melalukan semua beban kerja ketika menjalankan aplikasi, karena jaringan ini membentuk "awan" yang akan manangani  hal tersebut sebagai mana gantinya. Dengan menggunakan Cloud Computing ini atau Komputasi Awan ini kebutuhan akan hardware dan software pada sisi pengguna akan lebih menurun, karena datanya disimpan di dalam server yang bersifat permanen, yang mana data tersebut dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpan batas yang terpenting adalah terhubung ke jaringan Internet.

Menurut Laudon dan Loudon (2015) Cloud Computing adalah sebuah model komputasi dimana aktifitas pemrosesan. penyimpanan, perangkat lunak dan layanan lainya disediakan layakanya sumber virtual terpadu pada suatu jaringan yang umumnya adalah internet. Sumber daya computasi dari cloud computing tersebar dan dapat diakses berdasarkan kebutuhan dari perangkat apapun dan dimanapun terhubung.

Menurut Bradshaw dan kawan-kawannya (2010) dalam jurnalnya  Cloud Computing adalah model pengembangan, penyebaran dan penyampaian Informasi yang memungkinkan pengiriman produk, layanan dan solusi secara real time melalui internet. Cloud/Awan adlah metafora dari Internet sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut. Dalam Cloud Computing juga merupakan Abstraksi dari Insfrastruktur Kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metode computasi dimana kapabilitas terkait teknologi Informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (di dalam awan) tanpa mengetahui yang ada di dalamnya, ahli dengannya atau memiliki kenadali terhadap insfrastruktur teknologi yang membantunya.

Karakteristik Cloud Computing
Menurut National Institute os Standarts and Technology (NIST) Model Cloud Computing memiliki 5 Karakeristik penting, yang mann karakteristik tersebut akan dijelaskan dalam Artikel Berikutnya.
Karakteristik Cloud Computing tersebut adalah :
  1. On Demand Self Service
  2. Broad NetWork Acces
  3. Resource Pooling
  4. Rapid Elasticity
  5. Measured Service
Model Layanan Cloud Computing yang tersedia
Secara Umum Layanan Cloud Computing terdiri atas 3 Model Layanan :
  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Paltform as a Service (Paas)
  3. Cloud Insfrastrutur as a Service (Iaas)
 Pengertian Karakteristik dan Model Layanan Cloud Computing Klik Disni
*** Fandi Media ***