Inilah Perbedaan Mendasar Format PDF dan DOC

Perbedaan Format PDF dan DOC
Converter Pdf ke Doc Tanpa Aplikasi


Format penyimpanan file sangat beragam jenisnya. Untuk file yang berupa tulisan misalnya ada  DOCX, DOC dan PDF. Sementara untuk file gambar, kita mengenal adanya format JPG atau JPEG.

Mungkin kita sempat bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan format PDF dan DOC? Keduanya adalah sama-sama Format atau Ekstensi File untuk menyimpan data Dokumen. Kalau dilihat dari namanya tentu sudah.

Berikut akan dijelaskan perbedaan dari kedua format penyimpanan tersebut.

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas / file yang dikeluarkan oleh Adobe Systems tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Doc (Adalah singkatan dari Document) adalah sebuah ekstensi berkas untuk aplikasi pengolah kata yang terdapat di Microsoft Word. Dan dulunya ekstensi atau format Dokumen yang satu ini, pernah digunakan pada teks biasa, khususnya program atau perangkat keras komputer di berbagai sistem operasi.

Perbedaan Format PDF dan DOC Yang Harus Kita Tahu

Format DPF ialah format penyimpanan yang sudah tidak memungkinkan dilakukan pengeditan lagi. Dokumen PDF sendiri hanya akan dapat dibuka menggunakan program khusus seperti Foxit Reader atau Adobe Reader.

Ubah Pdf ke Word (doc) ga Perlu Install Aplikasi lagi Klik Disini 

Selain itu, pada browser juga harus sudah terpasang plugin Adobe Reader sehingga kita bisa membaca dokumen ini. Format PDF tidak bisa diedit lagi ini membuat file dengan eksistensi PDF terbilang permanen sehingga cocok untuk dokumen seperti scan ijazah, surat-surat resmi dan lain sebagainya.

Sementara untuk format DOC, kita masih bisa melakukan pengeditan pada dokumennya. Dokumen dengan eksistensi DOC sendiri bisa dibuka melalui Microsoft Word ataupun OpenOffice.

Karena masih bisa dilakukan pengeditan, format DOC seringkali dipakai untuk file-file yang masih membutuhkan proses editan lebih lanjut pada isinya. Baik file PDF maupun DOC bisa diubah eksistensinya menggunakan converter.

Demikian adalah perbedaan format PDF dan DOC. Kita bisa menggunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

Docx adalah Format terbaru dari Doc.
Perbedaan Doc dan Docx
*** Fandi Media ***

0 Response to "Inilah Perbedaan Mendasar Format PDF dan DOC"

Post a Comment