Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage

Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage 


Cloud computing dan cloud storage meskipun sama-sama memiliki unsur kata ‘cloud’ di dalamnya, kedua hal ini ternyata punya pengertian yang berbeda. Cloud merupakan istilah yang merujuk pada kata awan yang diartikan sebagai jaringan internet. Artinya kedua hal ini sama-sama menggunakan jaringan internet di luar adanya perbedaan cloud computing dan cloud storage.

Apa Sih Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage?
Cloud computing merupakan aplikasi dari penggunaan teknologi komputer dengan jaringan internet. Cloud computing meliputi banyak aspek yang terkait dengan pemanfaatan teknologi komputer yang dihubungkan dengan jaringan internet. Berkat penggabungan kedua hal ini pengguna bisa dengan mudah berbagi informasi dan mengakses informasi melalui jaringan internet.

Sementara itu cloud storage adalah bagian dari cloud computing yang memiliki definisi sebagai sarana penyimpanan di udara atau secara mudahnya adalah media penyimpanan online menggunakan jaringan internet. Cloud storage ini belakangan banyak dipergunakan karena jauh lebih mudah, risiko data hilang lebih kecil serta data bisa diakses dari mana saja. Data yang disimpan pada cloud storage ini dapat dikelola pengguna dan bisa juga dibagikan dengan pengguna lainnya. Pengguna juga tidak memerlukan device penyimpanan khusus seperti layaknya media penyimpanan fisik lainnya.

Itu tadi perbedaan cloud computing dan cloud storage, sudah jelas kan? Jadi jangan bingung lagi dengan istilah cloud yang mungkin sering Anda dengar.

Cloud Storage adalah .?
Cloud Computing adalah ..?
*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage"

Post a comment