Perbedaan NIDN, NIDK dan NUP

Ingin Tahu Perbedaan NIDN, NIDK dan NUP?

Anda yang berkutat di bidang pendidikan tinggi seperti Universitas pasti sudah tidak asing dengan istilah NIDN, NIDK dan NUP. Tapi, mereka yang tidak berasal dari ranah tersebut pasti akan bingung dengan kepanjangan dari masing-masing singkatan tersebut. Jadi ketiga istilah tadi berkaitan dengan profesi dosen. Meskipun sama-sama dimiliki oleh seorang dosen tapi ada perbedaan NIDN, NIDK dan NUP.

Penasaran dengan Perbedaan NIDN, NIDK dan NUP? Ini Dia Penjelasannya

Berikut ini penjelasan tentang pengertian dari NIDN, NIDK dan NUP:

NIDN
Adalah kependekan dari Nomor Induk Dosen Nasional. Nomor ini diperoleh dan diterbitkan Kementerian terkait kepada para dosen yang bekerja tetap di suatu instansi pendidikan dan hanya bekerja di satu instansi tersebut.

NIDK
Singkatan yang satu ini adalah kependekan dari Nomor Induk Dosen Khusus. Nomor induk ini diperoleh para dosen yang diangkat dengan perjanjian tertentu oleh perguruan tertentu pula. Dosen dengan nomor induk tersebut statusnya belum menjadi dosen penuh waktu melainkan dosen dengan perjanjian kerja.

NUP
Sementara itu NUP adalah Nomor Urut Pendidik, yaitu nomor yang diterbitkan dan diberikan kepada tenaga pendidik yang belum bisa masuk kategori pemilik NIDN ataupun NIDK.

Sudah jelas kan tentang perbedaan NIDN, NIDK dan NUP. Nomor-nomor tersebut harus didapatkan dengan prosedur resmi yang harus diurus langsung pada instansi terkait.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan NIDN, NIDK dan NUP"

Post a comment