6 Software Profesional untuk Membuat Aplikasi Android

6 Software Profesional untuk Membuat Aplikasi Android
Aplikasi Terbaik Membuat Aplikasi Android
Perkembangan teknologi memang tidak bisa terelakkan di era modern seperti saat ini. Sebagai manusia modern, sudah sepatutnya kita mengikuti perkembangan tersebut agar tidak ketinggalan hal-hal yang berbau teknologi. Beberapa dari anda yang menyukai teknologi tentunya tidak akan diam dan hanya menunggu perkembangan apa yang selanjutnya akan dipublikasikan.

Rekomendasi Software untuk Membuat Aplikasi Android

Bagi anda yang sudah mempunyai dasar pemrograman dan ingin membuat aplikasi android anda sendiri, berikut ini merupakan 6 software profesional untuk membuat aplikasi android.

1. Android Studio
 
Android Studio merupakan integrated development environment yang berfungsi untuk mengembangkan atau merancang aplikasi berbasis android secara resmi oleh Google. Android Studio adalah platform resmi yang dikeluarkan oleh Google pada tahun 2013 dan perkembangannya terus dipantau serta didukung penuh oleh Google.

Fitur yang ditawarkan oleh Android Studio antara lain sistem berbasis Gradle yang fleksibel, memiliki emulator yang cepat, template kode dan integrase GitHub, dan lain sebagainya.

Kecepatan Processor Berapakah untuk menjalankan Android Studio


2. Xamarin
 
Xamarin ini dikembangkan langsung oleh Xamarin Inc yang memiliki fungsi untuk membuat aplikasi cross platform dengan menggunakan Bahasa pemrograman C#. Xamarin mempunyai dua integrated development environment, yaitu Xamarin yang berintegrasi dengan Visual Studio dan Xamarin Studio.
Perbedaan keduanya yaitu antara lain jika developer terbiasa dengan OS Windows dan Visual Studio maka ia lebih cocok menggunaan Xamarin yang berintegrasi dengan Visual Studio.
Namun jika developer menggunakan OS Mac, maka sangat disarankan untuk memakai Xamarin Studio. Tampilan antar muka juga dapat disesuaikan, sehingga bisa dibuat mirip seperti aplikasi iOS ataupun android.


3. Eclipse

Eclipse adalah platform yang digunakan untuk mengembangkan software aplikasi pada semua platform. Eclipse ini bersifat open source serta mempunyai banyak plugin seperti Android Studio.
Sejak dirilis pada tahun 2004, Eclipse sudah mempunyai beberapa versi, yakni Eclipse Galileo, Helio, Callisto, dan lain sebagainya. Sebelum adanya Android Studio, Google pernah mendukung penuh Eclipse ini.
Namun sejak Android Studio muncul dan mempunyai fitur yang lebih lengkap disbanding Eclipse, maka banyak pengguna yang beralih ke Android Studio.


4. NetBeans

NetBeans digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi dengan bahasa pemrograman Java, c++, php, dan lain sebagainya.
Sama seperti Eclipse, NetBeans juga bersifat open source. NetBeans ini dirilis oleh perusahan Oracle. Jika kita ingin menggunakan NetBeans, maka kita harus menginstall JDK dan JRE.

5. Adobe Flash

Sebelum dikenal sebagai Adobe Flash, lebih dulu platform ini dikenal dengan nama Marcromedia Flash yang merupakan software yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi android.
Meskipun sebenarnya fungsi utama dari adanya software ini adalah untuk membuat animasi gambar vector ataupun gambar animasi. Adobe Flash merupakan software yang dirilis oleh perusahaan Macromedia.
Oleh karena itu, nama sebelumnya adalah Macromedia Flash. Kemudian pada tahun 2005, Adobe Flash diakuisisi oleh adobe sistem dan berganti nama menjadi Adobe Flash.

6. Unity

Pada awalnya, Unity hanya dapat digunakan pada MacOs saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, software ini sudah menjadi software yang multi platform yang artinya dapat digunakan pada OS lain, seperti Linux dan Windows.
Unity sebenarnya merupakan game engine atau software yang digunakan untuk membuat game, baik itu 3 dimensi ataupun 2 dimensi. Pada tahun 2005, Unity secara resmi dirilis pertama kali pada acara Apples Wordwide Developers Conference.
Ketika mengembangkan game menggunakan Unity, anda dapat memasukkan kode-kode dari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman tersebut diantaranya C#, Javascripts, dan lain-lain. Game yang dibuat dengan unity dapat digunakan di Windows, iOS, Mac, Android, hingga Playstation.

Berapakah Minimal RAM dan Harddisk untuk Menjalankan Android Studio

Itulah tadi 6 software profesional untuk membuat aplikasi android yang dapat digunakan secara offline. Jika anda seorang pemula namun ingin serius menjadi seorang android developer, maka disarankan untuk menggunakan Android Studio sebagai software percobaan untuk mengembangkan aplikasi android anda.

Semua program yang disebutkan tadi memerlukan kemampuan dasar pemrograman. Jadi sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu mengenai pemrograman, baru kemudian mencoba mengembangkan aplikasi android anda. Jangan ragu untuk mencoba jika keinginan anda untuk menjadi android developer sangatlah kuat.

Aplikasi Merancang Aplikasi Android yang paling Ringan tidak Berat


*** Fandi Media ***

0 Response to "6 Software Profesional untuk Membuat Aplikasi Android"

Post a comment