5 Situs Hibah Penelitian yang Wajib Diketahui Dosen Muda

5 Situs Hibah Penelitian yang Wajib Diketahui Dosen Pemula
Situs Hibah yang Wajib diKetahui Oleh Para Dosen 


Penelitian bagi dosen tidak selalu mudah, khususnya untuk dosen pemula. Namun jika mau mencoba, ada 5 situs hibah penelitian yang wajib diketahui dosen muda untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan penelitian. Kegiatan tersebut bagi dosen dan perguruan tinggi adalah penting. Selain mengajar, dosen dituntut untuk bisa melakukan penelitian yang nantinya akan membuat nilai bagus bagi perguruan tinggi dalam Akreditasi. Berikut adalah beberapa situs untuk mendapatkan hibah penelitian bagi para dosen di perguruan tinggi tanah air.

5 Situs Hibah Penelitian Dosen

1.    Simlitabmas
 http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/
Situs hibah penelitian pertama adalah simlitabmas yang merupakan koordinasi dari ditjen dikti dengan kopertis. Penelitian bagi dosen pemula adalah satu skim yang diperuntukkan untuk dosen tetap di perguruan tinggi swasta binaan. Menjadi salah satu dari 5 situs hibah penelitian yang wajib diketahui dosen muda, dosen muda bisa memanfaatkan simlitabmas ini. Jumlah dana yang dialokasikan untuk setiap judul penelitian adalah antara 5 hingga 10 juta per tahun.


2.    LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/
Mengembangkan materi pengajaran adalah salah satu alasan pentingnya penelitian untuk dilakukan para dosen. Pembiayaan kegiatan tersebut dapat dibantu dengan mengajukan penelitian melalui situs LPDP. Lembaga di bawah naungan kementerian keuangan ini memiliki program riset pembangunan untuk bantuan dana penelitian bagi lembaga atau perguruan tinggi. Tema penelitian meliputi pangan, energi, eco-growth, kesehatan, keagamaan, sosial, budaya, dan tata kelola.


3.    Rispro
 https://risprolpdp.kemenkeu.go.id/
Salah satu dari 5 situs hibah penelitian yang wajib diketahui dosen muda adalah Rispro. Program bantuan dana riset inovatif produktif atau RISPRO dari kementerian keuangan ini adalah untuk perguruan tinggi, lembaga, industri, atau organisasi masyarakat yang melakukan penelitian. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan SDM dan kemampuan daya saing bangsa melalui produk/ teknologi atau kebijakan/ tata kelola melalui kriteria pendanaan RISPRO.

4.    Seamolec 
 https://www.seamolec.org/
5 situs hibah penelitian yang wajib diketahui dosen muda lainnya adalah Seamolec. Bantuan penelitian yang ditujukan untuk upaya peningkatan kualitas pendidikan terbuka ini dapat dimanfaatkan bagi guru atau dosen perguruan tinggi. Satu tim peneliti dapat mengajukan satu judul proposal dan akan diberi bantuan maksimal 15 juta termasuk pajak. Bantuan diberikan untuk penelitian dengan waktu selama 6 bulan. Setelah penelitian selesai, hasilnya dilaporkan dalam bentuk digital dan cetak. Proposal penelitian dapat dikumpulkan dalam bentuk softcopy atau cetak hardcopy. Proposal penelitian yang dapat diajukan melalui Seamolec adalah penelitian dengan tema pembelajaran 4.0. Sebuah sistem pembelajaran modern yang merujuk pada beberapa hal seperti pembelajaran yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, pembelajaran secara personal, pembelajaran berbasis proyek, dan lain sebagainya. Penelitian harus dilakukan meliputi pengukuran efektivitas pembelajaran model 4.0 dan pengembangan pembelajaran memanfaatkan ICT.


5.    Risetmu 

https://risetmu.or.id/
Risetmu menjadi salah satu situs hibah penelitian Muhammadiyah bagi dosen atau peneliti yang berada dilingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah. Setiap tahun pendaftaran proposal dibuka bagi setiap instansi yang ingin mendapatkan dana hibah penelitian. Proposal yang diajukan melalui risetmu cukup banyak. Pada tahun 2019 ini mencapai 950 tim penelitian. Untuk bisa lolos terbagi menjadi 2 tahap seleksi. Pertama adalah seleksi administrasi dan kelayakan tema dengan visi misi hibah RisetMu. Penyelenggara dana hibah penelitian dari PP Muhammadiyah juga menyeleksi proposal secara substantif. Bagi yang lolos dapat menggunakan dana hibah untuk melakukan penelitan yang sesuai dengan proposal yang diajukan.

Demikian 5 situs hibah penelitian yang wajib diketahui dosen muda untuk mendapatkan fasilitas atau pendanaan untuk penelitian yang cukup penting bagi perguruan tinggi dan peningkatan sumber daya manusia.
*** Fandi Media ***

0 Response to "5 Situs Hibah Penelitian yang Wajib Diketahui Dosen Muda"

Post a comment