Hal Penting Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop & PC

Penting Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM PC
Hal Perlu diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop & PC
 

RAM (Random Access Memory)merupakan salah satu unsur dalam komputer atau PC yang sangat penting keberadaannya. Pada PC, RAM digunakan untuk menyimpan data sementara, sebelum data akhirnya di simpan dalam media penyimpanan. Jadi, RAM memiliki fungsi yang berbeda dengan hard disk yang bisa menyimpan data secara permanen. Selain berfungsi sebagai penyimpanan sementara, RAM juga sangat berperan dalam meningkatkan kinerja laptop atau perangkat komputer.

Semakin besar kapasitas RAM pada perangkat, semakin baik dan stabil juga performanya.
Bicara soal kapasitas, RAM memiliki kapasitas ukuran yang bervariasi, tergantung juga dari kapasitas dan spesifikasi komputer. Saat ini, RAM yang beredar di pasaran sangat beragam kapasitasnya. Mulai dari kapasitas 512 Megabyte (MB), 1 Gigabyte (GB), 2 GB, bahkan ada yang mencapai 64 GB dan masih akan terus berkembang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, RAM memiliki pengaruh yang besar pada kinerja pengolahan data PC. Otomatis, perangkat dengan kapasitas RAM lebih besar, akan semakin cepat kinerjanya. Jika Anda memiliki komputer dengan kapasitas yang kecil, apa yang bisa Anda lakukan? Anda bisa melakukan upgrade RAM, sehingga kinerja perangkatnya akan lebih maksimal.

6 Hal Penting yang Perlu DIperhatikan Sebelum Upgrade RAM PC

Mengingat pentingnya keberadaan RAM pada performa laptop, banyak orang yang melakukan upgrade guna meningkatkan performa komputernya pula. Namun, untuk meng-upgrade RAM tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

1. Sesuai kebutuhan
Sebelum melakukan upgrade RAM, pertama kali Anda harus pahami kebutuhan Anda. Jika Anda hanya menggunakan perangkat hanya sebatas browsing atau mengetik, seperti halnya yang banyak dilakukan banyak pelajar atau mahasiswa, maka rasanya Anda belum perlu melakukan upgrade RAM atau menggunakan RAM yang besar. Berbeda dengan Anda yang menggunakan komputer untuk bermain gamer, edit video, atau keperluan pekerjaan berat. Sebab, kegiatan ini memang perlu menggunakan kapasitas RAM yang besar.

2. Perhatikan spesifikasi prosessor
Prosessor ibarat orak dalam sebuah pernagkat komputer yang melakukan proses seluruh kinerja suatu perangkat. Jika Anda ingin melakukan upgrade pada RAM, baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui sejauh mana prosessor bisa menampung kapasitas RAM. Jadi, Anda tidak bisa seenaknya menambahkan kapasitas sesuai keinginan tanpa memikirkan kekuatan prosessor kuat atau tidak untuk menampungnya.

3. Informasi batas maksimum memori
Hal lainnya yang tak kalah penting diperhatikan adalah informasi dari motherboard untuk mendukung kapasitas memori. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui website resmi dari brand mortherboard yang digunakan. Biasanya di sana tercantum maksimum RAM yang bisa digunakan.

4. Jenis RAM
Pastikan Anda mengetahui jenis RAM yang digunakan sebelum membeli RAM baru. Sebab, jika tidak sesuai jenisnya, maka Anda tidak dapat memasangkannya pada mortherboard karena ukuran slot yang digunakan berbeda. Jenis yang hingga kini masih banyak beredar adalah DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4.

5. Jenis Slot
Jenis slot pada RAM dan motherboard juga perlu diperhatikan. Perhatikan, apakah motherboard dan RAM mendukug dual channel atua hanya single channel.

6. Kecepatan RAM
Meningkatkan kinerja merupakan tujuan utama banyak orang dari melakukan upgrade RAM. Karenanya, di sini Anda perlu menyamakan kecepatan RAM yang ingin Anda beli dengan kecepatan RAM yang Anda miliki. Jika Anda sudah memiliki RAM dengan kecepatan lebih dari 1000 Mhz, maka sebaiknya Anda membeli RAM dengan kecepatan yang sama pula dengan yang sudah Anda miliki.

*** Fandi Media ***

0 Response to "Hal Penting Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop & PC"

Post a comment