Mengenal Mode Incognito Pada Google Maps

Mengenal Mode Incognito Pada Google Maps
Beserta Keuntungan dan Kelemahannya

Mode incognito telah lama ada pada browser Chrome. Namun dalam waktu dekat, mode ini akan turut hadir dalam Google Maps. Dalam mode ini, catatan data yang dibuat dalam sesi penggunaan aplikasi akan dihentikan. Google memang tengah memperluas cakupan dari mode ini ke sejumlah layanan yang dimilikinya. Kini, kehadiran mode incognito telah dikonfirmasi hadir dalam aplikasi Google Maps dalam keynote I/O 2019, di mana CEO Sundar Pichai mengumumkan fitur ini akan hadir dalam Maps. Mode ini akan dapat diakses melalui menu khusus yaitu Google Account saat kita menekan display picture pengguna. Untuk lebih mengenal mode incognito pada Google Maps, berikut adalah keuntungan dan kelemahannya.

Keuntungan dan Kelemahan Mode Incognito 
Pada Google Maps

Cara Mengaktifkan Mode Ingcognito di Maps Google
Ketika mode incognito diaktifkan pada Google Maps, maka tempat-tempat yang dicari serta ditampilkan navigasinya takkan tercatat pada akun Google pengguna. Aktifnya mode incognito akan ditandai bar warna abu-abu pada aplikasi. Layanan ini sebelumnya sudah muncul dalam YouTube.

Kapan pastinya mode incognito hadir di Google Maps belum dapat dipastikan, namun mode ini sudah pasti akan ada di beberapa layanan Google lainnya. Untuk lebih mengenal mode incognito pada Google Maps lebih lanjut, berikut adalah keuntungan yang bisa kita dapatkan apabila menggunakannya.

1. Menggunakan Dua Akun Sekaligus
Pengguna akan dapat menggunakan dua akun yang berasal dari situs website yang sama. Salah satu akun diakses dengan menggunakan mode normal, sementara satu akun lainnya akan diakses menggunakan mode incognito.

2. Lebih Aman Dibanding Mode Biasa
Saat kita sudah mengenal mode incognito pada Google Maps, akan ditemukan bahwa mode ini terbilang lebih aman jika dibandingkan dengan mode biasa. Pengguna mungkin akan mencari beberapa informasi yang sifatnya rahasia, di mana tidak ada seorang pun yang ingin tahu atau mengunjungi website yang aneh ini. Kehadiran mode incognito akan membuat riawat penelusuran di browser menjadi tidak tersimpan.

3. Mengurangi Iklan
Penggunaan mode incognito akan membuat iklan-iklan popup berkurang sehingga tidak terlalu mengganggu kegiatan membaca artikel di suatu laman website atau saat berbelanja di laman e-commerce.

Mengenal mode incognito pada Google Maps tidak hanya dari segi keuntungannya namun juga kelemahannya. Mungkin, kita berpikir mode ini akan jadi penyelamat ketika kita mengunjungi situs website tertentu yang terbilang kurang lazim dan kita tidak mau orang lain tahu tentang website-website yang kita kunjungi. Namun kenyataannya, kegiatan kita akan tetap dapat terpantau. Mode ini bukan tanpa kelemahan, karena aktivitas kita akan tetap dapat terpantau ketika melakukan aktivitas browsing. Pihak yang dapat memantau ini ialah Google serta pihak ketiga terkait.

Sayang, masih banyak pengguna yang merasa sudah mengenal mode incognito pada Google Maps dan merasa mode ini aman. Mereka tidak tahu kalau aktivitasnya masih dapat diketahui oleh orang lain. Data dari TechViral menyebut bahwa 56.3% pengguna sama sekali tidak mengira data mereka tersimpan saat login dengan akun Google.

Perlu diketahui pula bahwa mode incognito yang aktif hanya mengamankan history serta cookies dan secara otomatis tidak menyimpan dua hal itu. Mode ini tidak menghapus track navigasi secara keseluruhan. Selebihnya, masih ada ruang pada browser untuk menyimpan data-data pengguna. Itulah beberapa fakta sebenarnya terkait keamanan pada mode incognito. Jadi, masih tetap ada kelemahan dari mode yang diklaim sangat aman ini.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Mengenal Mode Incognito Pada Google Maps "

Post a Comment