Cara dan Tips Meningkatkan Clock Speed pada Sebuah CPU

Cara dan Tips Meningkatkan Clock Speed pada Sebuah CPU
Tips yang perlu diperhatikan Meningkatkan Clock Spees CPU 


Beberapa orang menggambarkan CPU sebagai otak dari sistem yang dimiliki oleh komputer. Selain digambarkan sebagai otak, CPU juga dapat digambarkan sebagai otot. Jika komputer diibaratkan sebuah mobil, maka CPU adalah mesinnya. Semakin tinggi clock speed yang digunakan dalam CPU, maka kecepatan sistem tersebut juga semakin tinggi.  Kecepatan pada clock speed diukur dalam satuan GHz (gigahertz). Angka yang tinggi pada clock speed menunjukkan bahwa kecepatan clock juga semakin tinggi.

Tips Naikan Clock CPU Mudah, Awet dan Aman
Cara mengkatkan Clock Speed pada CPU

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan clock speed pada CPU yaitu dengan overclock. Jika dulu overclock hanya bisa dilakukan oleh para ahli komputer saja, saat ini overclock dapat dilakukan siapa saja. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan overclokck pada CPU.

1. Melakukan persiapan
Persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan overclock yaitu memahami dasar- dasar overclock, mengunduh peralatan yang diperlukan, serta memeriksa motherboard dan prosessor. Selain itu, Anda juga harus melakukan uji stress awak guna mengetahui pembanding dasar saat Anda akan melakukan overclock dan juga dapat menunjukkan jika ada masalah padadasar pengaturan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

2. Meningkatkan clock dasar
Pada tahap ini, hal yang pertama harus Anda lakukan yaitu membuka BiOs, kemudian membuka frequency/voltage control. Untuk mencegah memori membuat kesalahan, kurangi kecepatan bus memori. Langkah selanjutnya yaitu menaikkan clock dasar sebesar 10%, kemudian jalankan uji stress. Jika saat melakukan uji stress komputer Anda tetap stabil, Anda bisa menaikkan lagi clock speed hingga komputer menjadi tidak stabil.

3. Menaikkan Pengali
Langkah pertama yang harus Anda lakukan pada tahap ini yaitu dengan menurunkan clock dasar sedikit untuk membantu menaikan pengali. Pengali dapat membuat sistem menjadi stabil. Oleh karena itu, carilah komposisi yang ideal antara clock dasar dan pengali agar kinerja sistem maksimal. Setiap melakukan peningkatan pengali, jangan lupa untuk tetap melakukan uji stres dan selalu memperhatikan suhu CPU.

4. Menaikkan voltase
Langkah ini menjadi bagian yang paking sensitif dikarenakan menaikkan voltase melampaui batas dapat merusak peralatan. Oleh sebab itu, peningkatan voltase harus dilaksakanan secara hati-hati dan sedikit demi sedikit. Setiap kenaikan voltase jangan lupa untuk melakukan uji stres dan tetap mengontrol suhu CPU.

5. Melakukan uji stres akhir
Sebelum melakukan uji stres akhir, turunkan terlebih dahulu clock dasar dan pengali ke pengaturan yang terakhir. Setelah itu, naikkan kecepatan memori ke level awal dan terus melakukan uji stres secara berkepanjangan agar sistem komputer Anda tetap stabil.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara dan Tips Meningkatkan Clock Speed pada Sebuah CPU"

Post a Comment