Mengenal Kelebihan Teknologi Jaringan 5G

Mengenal Teknologi Jaringan 5G
Apa Itu Jaringan 5G, dan Dimana Penggunaan Jaringan 5G

Generasi teknologi ada banyak. Dulunya kecepatan berselancar di internet amat  terbatas. Namun, perkembangan teknologi  menyebabkan munculnya teknologi 3G.  Teknologi tersebut memberikan banyak kemudahan pada masanya teruatama  dalam hal kecepatan berselancar  di internet serta fitur video call.

Perkembangan teknologi jaringan tidak hanya sampai di situ karena tak lama kemudian mucul teknologi 3G dan 4G. Teknologi jaringan baru akan segera muncul yang disebut dengan teknologi 5G. Mengenal teknologi jaringan 5G yang merupakan produk dari kemajuan teknologi yang begitu pesat adalah tugas Anda sebagai calon pengguna.


Kelebihan Teknologi 5G



Teknologi baru yang direncanakan akan diresmikan pada tahun 2020 ini diperkirakan akan memiliki beberapa keunggulan. Karena itulah mengenal teknologi jaringan 5G menjadi penting. Terutama karena teknologi ini rencananya akan digunakan secara masif pada tahun 2020.

•    Kecepatan data melebihi teknologi 4G

Teknologi 4G merupakan teknologi jaringan  yang banyak digunakan saat ini. teknologi 4G yang disebut juga dengan Long Term Evolution atau LTE ini menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi. Teknologi jaringan ini memungkinkan penggunanya untuk mentransfer data minimal 10 100 megabit per detik saat penggunanya sedang bergerak dalam kecepatan tinggi. Contohnya adalah saat Anda sedang menyalakan navigasi  di dalam mobil. Saat penggunanya dalam kondisi diam, kecepatan transfer data dengan teknologi 4G dapat mencapai 1 gigabit per detik.

Dari beberapa ciri teknologi jaringan 4G, dapat disimpulkan bahwa  teknologi tersebut cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan manusia berselancar di dunia maya maupun mengunduh data dari internet. Dapat dibayangkan jika teknologi 5G memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi dibanding teknologi 4G.

•    Kecepatan transfer data yang luar biasa
Telah disebutkan dalam poin keunggulan sebelumnya bahwa teknologi 5G diperkirakan akan memiliki kecepatan yang jauh lebih besar dibanding teknologi 4G. Kecepatan transfer data yang ditawarkan oleh teknologi 5G diperkirakan dapat mencapai 800 giga bit per detik. Dengan kecepatan transfer data  itu, tentu saja aktivitas dalam berselancar di internet akan semakin lancar tanpa hambatan.

•    Koneksi dengan peralatan lain
Selain kecepatan transfer datanya yang lebih besar dibanding teknologi jaringan 4G, teknologi 5G juga diperkirakan akan memiliki kelebihan yang mungkin sulit disamakan dengan teknologi jaringan lainnya. Teknologi jaringan 5G diperkirakan akan dapat terkoneksi dengan berbagai alat lainnya seperti telepon, mobil dan peralatan rumah tangga.

Walaupun kelebihan dari teknologi jaringan 5G ini belum dapat dinikmati, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan yang begitu pesat sangat mungkin untuk mendatangkan teknologi baru yang lebih baik. Mengenal  teknologi jaringan 5G secepat mungkin akan membantu Anda dalam mendapatkan informasi.

Bagaimana Persiapan Indonesia Menyambut Teknologi 5G

Jaringan 5G diperkirakan memiliki keunggulan lebih dibanding teknologi 4G. Walau teknologi 4G masih memadai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun tetap saja ada banyak pihak yang ingin mencicipi fitur serta kelebihannya, tak terkecuali Indonesia. Demi membawa teknologi baru ini kepada masyarakat, Indonesia rela mempersiapkan dana yang jumlahnya tidak sedikit.

Usaha Indonesia untuk mencicipi teknologi ini di antaranya adalah memakai sekitar 4% dana dari total PNBP Kominfo.Tak  tanggung-tanggung, dana tersebut dapat mencapai 16 triliun rupiah untuk membeli frekuensi 5G.

Dari pembahasan mengenal teknologi jaringan 4G di atas, dapat disimpulkan bahwa teknolgi jaringan generasi ini kemungkinan akan digunakan secara masif.


Smartphone yang mendukung Jaringan 5G, Teknologi Prosessor yang support jaringan 5G
*** Fandi Media ***

0 Response to "Mengenal Kelebihan Teknologi Jaringan 5G"

Post a comment