Perbedaan Baterai Li-lon dan Li-po pada Smartphone

Memahami Perbedaan Baterai Li-lon dan Li-po pada Smartphone 
 Baterai Smartphone teknologi tinggi 2020

Selamat malam sahabat Fandi Media semua.

Setelah lama tak memunculkan Artikel terbaru di Fandi Media, kini saatnya saya admin Fandi Media akan membenahi kembali Webiste ini agar tetap Update artikel secara berkesinambungan. Pada Artikel pertama ini sejak dilanda Pandemi Covid-19 saya admin Fandi Media akan Update tentang Perbedaan Baterai Li-lio dengan Baterai Li-po.

Seblumnya kita harus ketahui terlebih dahulu apa itu Baterai dan sih Fungsi Baterai tersebut.?

Baterai (Battery) adalah sebuah sumber energi yang dapat merubah energi kimia yang disimpannya menjadi energi listrik yang dapat digunakan seperti perangkat elektronik. Baterai tidak hanya digunakan di Perangkat Elektronik tapi juga digunakan di Perangkat lainya seperti dibidang otomotif untuk menggerakan motor starter pada Kendaraan Bermotor. Dan satu hal lagi yang perlu kita ketahui setiap baterai terdiri dari terminal positif (Katoda) dan terminal negatif (Anoda) serta elektrolit yang berfungsi sebagai penghantar.

Dan yang akan kita bahas pada artikel ini adalah Baterai yang digunakan pada Handphone ataupun Smartphone. Banyak sekali istilah pada yang masih asing di telinga kita, ketika berhadapaan dengan Smarphone. Pertama ada Baterai removable dan ada Non Removable selanjutnya ada Baterai Li-lion dan ada Baterai Li-po.

Baiklah kita akan bahas satu persatu perbedaan dari Baterai tersebut :


Perbedaan Baterai Li-lon dan Baterai Li-po

Baterai Li-Ion atau Lithium-Ion adalah jenis baterai yang menggunakan senyawa lithium sebagai bahan elektroda. Baterai Li-Ion bekerja dengan cara menggerakan ion lithium dari elektroda negatif ke positif saat dilepaskan. Ion kemudian akan kembali lagi saat diisi ulang. Baterai Li-Ion adalah baterai yang paling banyak digunakan di perangkat elektronik dan biasanya baterai Li-lio ini dapat dilepas dengan mudah atau yang dikenal dengan Removable Baterai. Contoh penggunaannya terdapat pada hp, tablet, hingga laptop.

Sedangkan Baterai Li Po adalah pengembangan dari Baterai Li-lon. Baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer adalah baterai yang bersifat cair. Baterai jenis ini menggunakan elektrolit polimer padat dan bisa menghantarkan data lebih cepat. Baterai Li-Po lebih ramah lingkungan dibanding Li-Ion. Kebanyakan Baterai Li-po ini adalah Non Removable atau tidak bisa dilepas, dan Baterai ini banyak digunakan di Smartphone terbaru Seperti Oppo A5 2020, Oppo A92 Dll.

Perbedaan mendasar dari Baterai Li-lon dan Li-po, adalah Harga Baterai Li-po tentu lebih mahal dari Li-lon, dan Li-po lebih Ramah lingkungan dan tidak mudah terbakar, dan Baterai Li-po memiliki teknologi lebih baik dari pada Li-lon.

Jadi bagi kamu yang ingin membeli Smarphone tentunya lebih baik memilih Smartphone yang didukung oleh Baterai Li-po.

Perbedaan Baterai Removable dan Non Removable adalah Baterai Removable dapat dilepas, dan Non Removable tidak dapat dilepas dengan Mudah.

Smarphone terbaik 2020, A5 2020, Oppo A92, Vivo S1 Pro. 
Baterai Terbaik 2020, Teknologi Baterai Smartphone Terbaik untuk Game

*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Baterai Li-lon dan Li-po pada Smartphone"

Post a comment