Cara Screenshot Layar Smartphone Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone

Cara Screenshot Layar Smartphone mudah di Smartphone 
Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone


Mengambil Screenshot layar smartphone merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan informasi dalam bentuk gambar.  Namun, perbedaan  brand smartphone umumnya membuat perbedaan pada tata cara screenshot. Dengan banyaknya brand smartphone yang beredar, tentunya dibutuhkan informasi tentang tata cara screenshot layar smartphone mudah di smartphone Oppo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone.

Cara Screenshot Layar di Smartphone Oppo
Cara screenshot layar pada smartphone Oppo dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan tombol dan dengan menggunakan aplikasi. Untuk melakukan  screenshot pada smartphone Oppo, pengguna  dapat menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan. Selain menggunakan kombinasi tombol ini, pengguna  juga dapat memotret layar smartphone Oppo dengan cara menekan tombol Power + Volume Up. Jika kombinasi tombol Power + Volume Down akan langsung melakukan screenshot pada smartphone Oppo,  maka tombol Power + Volume Up akan memunculkan menu yang lebih lengkap seperti Save, Next Page dan Screenshot Area.
Selain menggunakan tombol, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi  untuk  melakukan screenshot pada smartphone Oppo. Untuk mendapatkan aplikasi ini, pengguna harus mengunduh aplikasi di Play Store. Aplikasi yang dapat diunduh untuk menjalankan perintah ini di antaranya Screenshot, Screenshot Touch, dan Screenshot Grabber. 

Cara Screenshot Layar di Smartphone Vivo
Smartphone Vivo menawarkan banyak cara untuk melakukan screenshot layar. Dengan menggunakan kombinasi tombol saja, screenshot layar Vivo dapat dilakukan dengan dua cara. Namun, jika diuraikan lebih lengkap akan menjadi tujuh cara, yaitu sebagai berikut:
  • Tombol Power + Volume Down

Cara screenshot menggunakan kombinasi tombol ini merupakan cara screenshot layar smartphone mudah di semartphone Oppo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone karena kombinasi tombol ini sering digunakan tidak hanya pada satu brand smartphone, tetapi juga pada brand lain. Cara aplikasinya pun sangat mudah karena pengguna hanya perlu membuka halaman yang ingin di-screenshot kemudian menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  • Menu S-capture pada menu bar 

Smartphone Vivo memiliki menu yang disebut S-capture. Pada menu ini, pengguna akan menemukan banyak ragam screenshot di antaranya rectangular, long screenshot, funny screenshot, dan screen recording.
  • Rectangular

Screenshot dengan opsi ini telah membentuk petak sehingga tangkapan layar yang didapatkan lebih terbatas dan tidak sepanjang menggunakan long screenshot.
  • Long Screenshot

Opsi long screenshot dapat digunakan ketika pengguna ingin menangkap layar yang panjang, misalnya pada lembar kerja atau ruang chat obrolan. Caranya dengan menekan atau klik ikon long screenshot pada menu S-capture. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi. Klik Save jika ingin screenshot layar tersebut, tetapi klik Next jika ingin screenshot lebih panjang hingga halaman habis.
  • Screen Recording 

Menu ini menghasilkan file yang berupa video dan bukan gambar. Fitur ini sangat berguna saat Anda melakukan proses editing dan ingin mengunggahnya menjadi video tutorial. Menu ini juga dapat digunakan untuk merekam video biasa.
  • Funny Screenshot

Opsi Funny screenshot pada S-capture terbagi menjadi beberapa jenis yaitu doodle, lasso dan shaped screenshot. Seperti namanya, shaped screenshot memungkinkan penggunanya untuk mengambil tangkapan layar dengan bentuk tertentu dengan pilihan yang bervariasi. Berbeda dengan  shaped screenshot yang bentuknya telah ditentukan, opsi lasso justru memungkinkan pengguna melakukan screenshot pada area yang lebih bebas dengan bentuk yang dapat diatur sesuka hati. Doodle hampir sama dengan lasso, yaitu pengguna dapat menggambar pada layar yang akan di-screenshot.

Cara Screenshot Layar di Smartphone Xiaomi
Cara screenshot layar smartphone mudah di smartphone Oppo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone memang berbeda-beda. Misalnya pada smartphone Xiaomi dan Redmi. Pada smartphone ini pengguna dapat menggunakan tombol, fitur quick ball, pilihan menu, dan menggunakan gestur 3 jari.
  •  Tombol 

Untuk melakukan screenshot dengan cara ini, pilihlah bagian  atau halaman yang ingin di-screenshot kemudian tekan tombol Volume Down dan tombol menu kunci secara bersamaan. Jika terdengar bunyi khas seperti suara kamera dan layar yang berkedip, artinya pengambilan screenshot berhasil dilakukan.
  • Quick ball

Cara mengambil screenshot dengan fitur terbaru dari update MIUI  ini adalah dengan mengaktifkan quick ball pada  menu  settings. Aturlah toogle screenshot menu pada menu pilihan. Setelah itu, pengguna dapat melakukan screenshot menggunakan  quick ball.
  • Pilihan  menu

Melakukan screenshot dengan cara ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menarik (drag) notification bar dari atas ke bawah. Pilih dan ketuk ikon screenshot.
  • Gestur 3 jari

Pengguna smartphone Xiaomi dan Redmi dapat mengambil screenshot dengan cara ini, yaitu menggesek layar yang ingin di screenshot dari atas ke bawah menggunakan 3 jari.

Cara Screenshot Layar di Smartphone Huawei
Cara screenshot layar smartphone mudah di smartphone Oppo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone termasuk smartphone Huawei memiliki beberapa kesamaan dengan beberapa brand smartphone lainnya.  Pengambilan screenshot dapat dilakukan dengan kombinasi tombol, gestur 3 jari, knuckle gesture dan quick menu.
Mengambil screenshot dengan gestur 3 jari, Power+ Volume Down dan quick menu (notification bar) dapat dilakukan sama persis seperti melakukan screenshot pada beberapa smartphone lainnya. Sedangkan knuckle gesture dapat dilakukan dengan cara mengetuk dua kali atau membuat pola pada halaman yang ingin di-screenshot.

Cara Screenshot Layar di Smartphone Samsung
Screenshot pada Samsung  dapat dilakukan dengan mengusap layar dari kiri ke kanan (swiping layar). Selain itu, mengambil screenshot pada smartphone Samsung juga dapat dilakukan dengan menekan tombol Power + Home secara bersamaan. Namun, kombinasi tombol ini hanya dapat dilakukan pada versi lama karena smartphone Samsung keluaran terbaru sudah tidak dilengkapi dengan tombol Home.

Cara Screenshot Layar di Smartphone iPhone
Cara screenshot layar smartphone mudah di smartphone Oppo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pada iPhone misalnya, ada dua cara yang dapat dilakukan. Cara pertama adalah dengan menekan tombol Home + Power bersamaan sama seperti pada smartphone Samsung. Selain itu, screenshot juga dapat diambil dengan memanfaatkan fitur Assistive Touch.

Membuat Hasil Tangkapan Layar dengan Mudah di Smartphone

*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara Screenshot Layar Smartphone Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Redmi, Samsung, dan iPhone"

Post a comment