Perbedaan Mendasar Generasi Intel Antara Generasi ke 9 dan Generasi ke 10

Perbedaan Mendasar Generasi Intel Antara Generasi ke 9 dan Generasi ke 10

Setelah sukses meluncurkan generasi ke 9, baru-baru ini Intel kembali menghadirkan prosesor terbarunya yakni generasi ke 10. Jika ditanya mengenai keunggulan, jelas generasi 10 lebih unggul dibandingkan generasi ke 9. Namun apakah yang membuat intel core generasi 9 dan 10 berbeda dan sejauh mana keungggulan dari generasi ke 10? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Mendasar Intel Core Generasi 9 dan 10

Generasi 10 menghadirkan intel core generasi 10 versi mobile dengan seri atau kode H yang jauh lebih hemat daya. Salah satu proseor yang berhasil menarik perhatian adalah intel Core i9-10980HK. Kehadirannya membuat para produsen laptop atau notebook sangat berantusias untuk menggunakan prosesor ini untuk produk mereka. Namun sayangnya tidak semua laptop dapat menggunakan prosesor dari generasi ke 10 ini.

Bagi para conten creator ataupun gamer sangat diuntungkan dengan hadirnya performa tinggi dari intel core gen 10. Walaupun sama-sama masih menggunakan prosesor yang bernama Comet Lake dari arsitektur yang sama ,namun pada generasi 10 jauh lebih dioptimalkan. Intel Core i9-10980HK juga diklaim sebagai prosesor seri H yang tertinggi.

Dengan clock speed yang dimiliki mampu menembus kecepatan pada mode Therminal Velocity Boost sebesar 5.3GHz. Mode yang satu ini hanya ada pada intel core generasi ke 10 seri H dan tentunya lebih kencang dibandingkan dengan mode Turbo Boost yang ada pada versi sebelumnya.

Tidak hanya memiliki kecepatan yang tinggi, seri H pada generasi ke 10 ini juga memiliki kekuatan RAM dengan kapasitas maksimum mencapai 12 GB dan dengan kecepatan mencapai 2999MHz. Berbeda dengan generasi ke 9, prosesor intel core generasi ke 10 seri H juga dapat mendukung dua controller Thunderbolt 3. Itu berarti laptop dengan prosesor ini mampu tampil dengan dua port Thunderbolt 3 sekaligus serta ditambah dengan hadirnya WiFi 6 atau 802.11ax yang kecepatannya jauh lebih kencang.

Kelebihan serta perbedaaan prosesor intel core generasi ke 9 dan ke 10 selanjutnya yang akan membuat performa dari laptop jauh lebih tinggi adalah tersedianya banyak fitur canggih yang mendukung Comet Lake-H ini yang tidak ada di generasi ke 9. beberapa diantaranya seperti embedded display port 1.4, 3 DDI, Thunderbolt 3, PCle3.0, intergrated WiFi 6 AX201, Intel Optane Memory, DDR2Ch dan lain sebagainnya.

Para conten creator ataupun gamer dan yang lainnya tentu beruntung dengan hadirnya intel core generasi 10 seri H sebab membutuhkan thread dalam jumlah yang banyak hingga dapat berjalan dengan lancar. Lantas bagaimana perbandingan performa dari kedua generasi tersebut?

Perbedaan Kinerja Intel Core Generasi ke 9 dan ke 10

Perbedaan intel core generasi ke 9 dan ke 10 tentu ada pada tingkat performanya. Dimana seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika generasi ke 10 dengan seri H tidak hanya dilengkapi dengan teknologi tercanggih tetapi juga prosesor yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Bahkan rata-rata performa dari seri H ini mencapai 28 persen peningkatannya dari versi generasi sebelumnya.

Demikian itulah perbedaan intel core generasi ke 9 dan ke 10 yang dapat Anda ketahui. Dengan ini juga dapat membantu Anda untuk lebih cermat dalam memilih ataupun membeli laptop untuk berbagai kepentingan. Rata-rata harga laptop dengan prosesor seri H dari generasi 10 ini dibandrol dengan harga yang tinggi, namun sebanding dengan performa yang ditampilkan.


 

*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Mendasar Generasi Intel Antara Generasi ke 9 dan Generasi ke 10"

Post a Comment