Perbedaan NVIDIA RTX dan GTX yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan NVIDIA RTX dan GTX yang Perlu Anda Ketahui

NVIDIA RTX atau yang disebut dengan NVIDIA GeForce RTX, merupakan katu grafis yang terbuat dari arsitektur Turing terkini dan diluncurkan pada tanggal 20 September 2018 untuk pertama kalinya. RTX ini merupakan generasi turunan dari GTX yang akan membuat grafis menjadi lebih hidup. Menurut NVIDIA sendiri mengklaim jika RTX jauh memiliki kinerja yang lebih baik, efektif dan efisien dibandingkan GTX yang menggunakan arsitektur Pascal.

Perbedaan NVIDIA RTX dan GTX

Dari penjelasan di atas, NVIDIA RTX jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan NVIDIA GTX. Oleh karena itu, berikut beberpa perbedaan diantara keduannya:

1. Teknologi Arsitektur yang Digunakan

Perbedaan NVIDIA RTX dan GTX yang pertama ada pada arsitektur atau teknologinya. Pada RTX sendiri menggunakan teknologi arsitektur Turing, dimana teknologi ini sendiri menggunakan teknologi GPU tercanggih yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan begitu RTX ini akan sangat cocok untuk digunakan oleh para conten creator dan para gemers.

Selain itu dilengkapi dengan teknologi AI beserta pelacakan sinar yang akan membuat gradasi lebih terkesan nyata pada saat memainkan game. RTX juga memungkinkan untuk pengembangan game dengan efek Ray Tracing. Dengan menggunakan teknologi Turing juga membuat RTX lebih cepat dalam rendering efek cahaya dibandingkan dengan GTX superkomputer.

2. Kualitas Grafis

Perbedaan yang tampak selanjutnya antara NVIDIA RTX dan GTX ada pada kualitas grafis yang dapat dinikmati oleh para conten creator ataupun gamers. Sejak diluncurkan pada tahun 2018 lalu, RTX dengan Ray Tracing akan membuat gambar visual menjadi terlihat semakin tajam, nyata, dramastis dan juga sempurna. Pantulan objek yang ada dari layar kaca akan semakin jelas seperti aslinya.

Inilah mengapa RTX masih menjadi standar baru bagi dunia grafis khususnya game di masa depan. Sebelum menggunakan Ray Tracing proses rendering cahaya maupun bayangan dari gambar menggunakan teknologi 3D konvensiaonal. Dimana teknologi tersebut masih mengandalkan mesh sepertiga antara piksel dalam setiap gambar yang akan mensimulasikan efek serta objek virtual yang ada di dekatnya.

Ray racing awalnya hanya digunakan pada industri film animasi saja Namun saat ini dengan RTX, NVIDIA berani untuk mengembangkannya dan berhasil mendominasi pasar grafis sampai saat ini.

3. Performa

Performa dari RTX diklaim lima kali lebih baik dibandingkan GTX. Hal tersebut salah satunya dilihat dari rendering cahaya RTX yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu, bagi Anda pecinta game, saat ini akan disuguhkan dengan game PC terbaik dengan settingan grafis yang super canggih.

4. Perbedaan Fitur

Walaupun RTX merupakan turunan dari GTX namun ada banyak fitur yang jauh lebih canggih di dalamnya. Adapun fitur terbaru yang diselipkan dalam NVIDIA RTX. Diantaranya seperti RT Cores, dimana fitur ini merupakan komponen dari hardware yang dilengkapi dengan ray tracing. RT Cores akan cepat dalam melacak cahaya dan menampilkan bayangan, iluminasi dan refleksi cahaya yang lebih akurat.

Fitur selanjutnya adalah Tensor Core yang menghadirkan teknologi AI ditambah ray tracing yang membuat performa games menjadi lebih baik. RTX juga dilengkapi dengan Shading generasi terbaru yang akan lebih fokus dalam kinerjanya serta lebih detail. GPU Turing juga memungkinkan multitasking yang jauh lebih baik.

Demikian itulah perbedaan NVIDIA RTX dan GTX yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan jika RTX jauh lebih berkelas dan berteknologi dari generasi sebelumnya yakni GTX.


  

*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan NVIDIA RTX dan GTX yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment