Mengenal Google Spreadsheet, Aplikasi Gratis nan Komplit

 Mengenal Google Spreadsheet

Aplikasi Gratis Segudang Manfaat

Alternatif Penggunaan Excel secara Online


Membuat tabel, membuat perhitungan sederhana, hingga pengolahan data, kerapkali dibutuhkan dalam keseharian. Terlebih lagi, jika Anda merupakan pelajar, mahasiswa, pengusaha, atau untuk kegunaan perkantoran. Nah, fungsi-fungsi ini bisa Anda dapatkan dalam satu perangkat lunak yang dibuat oleh Google, yaitu Google Spreadsheet.

Download Aplikasi Pengganti Excel WPS Office

Berkenalan dengan Menu Bar pada Google Spreadsheets


Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengenal Google Spreadsheets atau juga dikenal dengan sebutan Google Sheets. Google Spreadsheets adalah sebuah perangkat lunak berbasis web yang bisa digunakan untuk mengolah data dalam bentuk tabel. Software ini serupa dengan Microsoft Excel, hanya saja Google Spreadsheets lebih ringan digunakan dan berbasis cloud computing yang mengandalkan koneksi internet. Ada beberapa fitur terbaik pada menu bar Google Spreadsheets, di antaranya:

  1. Borders atau bingkai, yaitu sebuah fitur yang bisa digunakan untuk membuat garis batas atau garis bingkai cell di Google Spreadsheets agar garis pada kolom dan baris semakin tegas.
  2. Merge Cells, yaitu fitur yang memungkinkan antara cell satu degan cell lainnya tergabung ke dalam satu cell, tetapi tidak memusatkan cell.
  3. Horizontal Align, yaitu fitur yang bisa digunakan untuk membuat rata tulisan di dalam cell. Tersedia tiga pilihan kerataan, yaitu rata kiri, rata tengah, dan rata kanan.
  4. Vertical Align, digunakan untuk menempatkan tulisan di dalam cell. Tersedia tiga jenis perataan, yaitu rata atas, rata tengah, dan rata bawah.
  5. Text Wrapping, yaitu sebuah fitur yang digunakan untuk menyesuaikan panjang teks dengan lebar kolom dari cell tempat teks tersebut berada.
  6. Text Rotation, yaitu fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur kemiringan teks sesuai dengan arah yang diinginkan, misalnya vertical, horizontal, atau pun serong.
  7. Insert Link, yaitu fitur yang bisa digunakan untuk memasukkan link pada text di cell spreadsheets. Fitur ini bisa digunakan untuk memperlihatkan referensi pada text. Sehingga, saat diklik pada text yang dimasukkan link, maka text tersebut akan langsung terhubung pada link yang dimaksud.
  8. Insert Comment, yaitu fitur yang dapat memunculkan catatan pada cell yang ingin diberikan catatan. Pada spreadsheets, catatan ini nantinya bisa dilihat oleh orang yang juga Anda bagikan filenya.
  9. Insert Chart, yaitu fitur pada spreadsheets yang memungkinkan Anda untuk membuat grafik secara cepat berdasarkan data file yang tersedia.

Aplikasi Open Office Mudah dan Aman Pengganti Excel 

Download Sekarang ..!

Tentunya masih ada banyak sekali fitur pada Google Spreadsheets yang bisa Anda eksplorasi saat menggunaannya. Pastinya penggunaan spreadsheets sangat memudahkan, karena bisa diakses dari mana saja dan melalui perangkat apa saja. Hal ini karena basis Google Spreadsheets adalah cloud berbeda dengan Microsoft Excel. Dengan kemudahan aksesnya, Google Spreadsheets juga sangat bisa digunakan untuk kolaborasi kerja melalui fitur share-nya.

Aplikasi Setara Google Spreadsheets

 

*** Fandi Media ***

0 Response to " Mengenal Google Spreadsheet, Aplikasi Gratis nan Komplit"

Post a Comment