Saat Menjalankan Aplikasi Android Studio Error Force Close ? Begini Solusinya - Tutorial Android Studio #4

 

Ketika sedang menjalankan atau run aplikasi yang sudah kita bikin di android studio pernah gak sih malah error gak mau di run ? atau waktu di run malah jadi force close , ataupun tidak bisa di buka aplikasinya? seperti pada contoh mimin disini ingin mencoba hasil project mimin dan ngerun in nya , eh malah muncul pop up seperti "IntenApps keeps stopping" alias aplikasinya malah force close dan gak mau jalan , udah coba juga di hp langsung juga tetap sama aplikasinya tetap force close , jadi harus gimana dong buat mengatasi ini ? bahaya banget nih udah capek-capek bkin projectnya eh malah gak bisa di run, nah disini kita akan membahas salah satu solusinya agar kamu bisa menemukan solusi yang tepat untuk hal tersebut.

1.Cek kodingan MainActivity.java

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah adalah cek kodingan di MainActivity.java nya ,karena untuk menjalankan aplikasi kita kodingan jantung dan otak program kita itu di java nya, nah kamu bisa cek dulu kodingan di javanya udah pas belum, pastikan tidak ada yang merah sama sekali , karena jika ada tanda merah maka itu tandanya bahwa ada kodingan yang tidak cocok, untuk pada dasarnya kamu bisa cek pada setContenView kamu , nah pada (R.layout.tampilan_menu); itu harus kamu perhatikan , karena di bagian tampilan_menu itu bisa kamu ganti sesuai layar layout mana yang ingin kamu tampilkan, dan mainactivity.java ini merupakan kodingan yang akan ditampilkan pertama kali, nah misalnya disini mimin tidak menggunakan activity_main.xml , dan membuat layout baru yang bernama tampilan_menu.xml , jadi yang nampil yaitu pada tampilan_menu.xml nya.

Biasanya jika R.layout.#### nya salah maka biasanya aplikasi yang dijalankan bisa error atau mungkin cuma nampilin hello world aja , jadi kamu harus perhatika ini juga ya, dan juga kodingan kamu yang lainnya juga harus di perhatikan secara baik-baik.Jangan sampe ada yang merah-merah ya karena jika ada yang merah maka akan ada error yang terjadi.

2.Cek Android Manifest

Selanjutnya biasanya error terjadi karena belum mengecek dan setting di manifestnya , manifest itu terletak di pojok kiri paling atas , dan tekan manifest, lalu androidmanifest.xml , di dalamnya terdapat kodingan yang ada . nah disini pada manifest itu berfungsi untuk memberikan izin activity java mana yang akan di jalankan, jadi jika ingin membuat banyak java atau layout , selalu ingat untuk menjalankan activity manifestnya ya.Nah dapat dilihat disini mimin sebenarnya menggunakan dua java tambahan ya yaitu RS.java dan RSAwalBros.java , jadi kita harus memberikan activity pada kedua java tersebut agar tidak error dan aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Nah setelah kita isi dan berikan izin activity pada kedua java tersebut, baru deh bisa di jalankan aplikasinya , oiya untuk yang di bawah </application> itu adalah gunanya untuk memberikan izin menggunakan Internet pada aplikasi tersebut ya.Sekarang yuk kita coba run kan lagi.

Yeayy akhirnya bisa ya, bisa di lihat di pojok kanan itu hasil dari emulatornya dan bisa jalan guys, okee selamat kamu sudah bisa menjalankan kembali aplikasi kamu ketika force close atau tiba-tiba tertutup sendiri aplikasinya ya, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)

Senin,11 April 2022

==========================================================================

android studio close app app is not responding in android studio android studio app keeps stopping in emulator how to fix unfortunately app has stopped in android emulator cek android sdk how to check runtime error in android studio kenapa aplikasi tidak bisa dibuka how to solve runtime exception in android

*** Fandi Media ***

0 Response to "Saat Menjalankan Aplikasi Android Studio Error Force Close ? Begini Solusinya - Tutorial Android Studio #4"

Post a Comment