Apa maksud dan Fungsi Extended RAM pada Smartphone Terbaru Tahun 2022 !

 
Pada Zaman tahun 2022 ini yang mana banyak hp smartphone yang bagus selalu rilis dengan penampilan yang bagus spesifikasi yang gahar dan berbagai fitur yang dimiliki pada setiap unit hp baru yang di keluarkan yang mana memang biasanya sangat membantu dalam meningkatkan dan memaksimalkan kinerja pada sebuah hp tersebut untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti fitur UI dan update an software yang akan terus menerus meningkat untuk menyesuaikan dan memperbagus kualitas dari sebuah smartphone tersebut. Salah satu fitur yang sering dan banyak ada pada smartphone khususnya pada smartphone keluaran baru tahun 2022 yaitu fitur extended RAM, Apa itu fitur extended RAM? nah disini kita akan membahasnya.

Maksud dari Extended RAM dan fungsi dari Extended RAM itu sendiri biasanya tidak banyak diketahui oleh banyak orang apalagi pada orang awam cenderung tidak mengetahuinya. Dalam tahun 2022 terakhir ini fitur Extended RAM ini sangat membantu dalam kinerja sebuah smartphone dan merupakan fitur yang di andalkan pada sebuah smartphone mulai dari smartphone entry level, mid range dan flag ship semuanya rata-rata memiliki fitur extended RAM ini.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut mendorong berbagai variasi fitur canggih dalam perangkat HP. Salah satunya adalah fitur extended RAM yang baru-baru ini hadir pada ponsel Vivo dan Realme Xiaomi POCO dan berbagai brand merek hp lainnya. RAM dalam perangkat HP memiliki fungsi sebagai penyimpanan sementara. Pada dasarnya, cara kerja RAM hampir sama dengan memori internal. Keistimewaan dari RAM adalah memiliki kemampuan membaca serta menulis yang jauh lebih cepat dibandingkan storage.

Karena RAM memiliki fungsi hanya menyimpan sementara, maka pada saat aplikasi atau file tidak diperlukan lagi, maka secara otomatis akan menghapusnya.Selain itu, RAM juga memiliki fungsi menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersama (multitasking) tanpa menghambat kinerja ponsel.

Dalam hal ini, besar kecilnya RAM berpengaruh terhadap kecepatan kinerjanya dalam mengakses serta memproses program yang dijalankan.

Oleh karena itu, hadir extended RAM yang memiliki fungsi menawarkan pengalaman membuka berbagai aplikasi secara bersamaan tanpa menghilangkan kecepatan ponsel.

Maksud dan Fungsi Extended RAM

Sebelum kita membahas fungsinya, tidak ada salahnya kita mengetahui apa artinya extended RAM. Extended RAM adalah teknologi manajemen memori inovatif yang memanfaatkan algoritma untuk mengalokasikan ROM ke RAM dan memberikan ruang untuk RAM menjadi lebih legah dan bisa lebih melakukan banyak hal. Fitur extended RAM menggunakan algoritma dengan tujuan mengambil bagian dari ruangan ROM yang tak terpakai untuk ambil alih fungsi RAM.

Extended RAM merupakan bentuk dari pengubahan memori internal menjadi space RAM melalui aplikasi.Karena extended RAM bukanlah hardware RAM, maka fungsi dan kinerjanya pun tidak dapat kita samakan dengan RAM asli. Meskipun demikian, fitur ini dapat memberikan ruang yang lebih luas pada perangkat HP. Fitur ini juga memperoleh dukungan dengan swap memory software. Dengan demikian, penggunaan extended RAM tak akan terganggu  dengan kinerja performa internal memory ROM pada perangkat HP.

Kita ambil sebuah contoh, memori RAM pada Vivo V21 bisa memanfaatkan ruang memori internal sebesar 3GB. Selanjutnya menambah RAM menjadi 11GB.Hal ini tentunya dapat meringankan jumlah memori Double Date Rate (DDR) yang terpakai. Fitur terkini ini sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone untuk meningkatkan kelancaran konsumen pada saat menjalankan berbagai aplikasi. Dengan adanya fitur extended RAM, memiliki fungsi untuk memberikan pengalaman multitasking yang maksimal dan tanpa batas bagi pengguna begitu juga pada smartphone lainnya seperti pada realme 9 atau poco m4 pro bisa berjalan dengan baik karena adanya fitur Extended RAM.

Performa pada sebuah Smartphone akan meningkat dan jadi lebih bagus karen adanya fitur Extendend RAM yang membuat kinerja RAM jadi lebih legah. Baik pada saat melakukan aktivitas kerja, belajar, sosial media, game, atau edit foto dan video melalui smartphone secara bersamaan. Jika dalam sebuah perangkat HP yang memiliki fitur, maka aktivitas bermain game atau multitasking pun berjalan lebih lancar dan optimal.

Cara Mengaktifkan Fitur Extended RAM

Salah satu smartphone yang telah memperoleh dukungan extended RAM adalah Vivo V21 dan poco m4 pro. Untuk dapat mengaktifkan fitur extended RAM pada Vivo V21 dan poco m4 pro antara lain:
  • Pertama, buka aplikasi pengaturan
  • Selanjutnya, masuk dalam halaman berikutnya, temukan menu pengaturan
  • Kemudian pilih RAM dan ruang penyimpanan
  • Pada halaman menu terdapat ikon dengan jumlah kapasitas penyimpanan yang terpakai.
  • Pilih opsi RAM dan temukan fitur extended RAM
  • Aktifkan Fitur RAM
  • Rasakan Performa Anda yang meningkat dengan Fitur Extended RAM
Nah begitulah Maksud dan fungsi dari Fitur Extended RAM terutama pada smartphone terbaru di tahun 2022 ini, yang mana fungsinya untuk menambah kapasitas RAM secara virtual pada sebuah HP agar bisa menjalankan HP Tersebut dengan lebih stabil dan baik, namun ingat fitur ini hanya virtual jadi mungkin penambahan kecepatan atau peningkatan performanya hanya sedikit saja, tetapi memang lumayan berguna pada fitur Extended RAM ini apalagi bagi yang hobi dalam multitasking, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)
Senin, 12 September 2022
*** Fandi Media ***

0 Response to "Apa maksud dan Fungsi Extended RAM pada Smartphone Terbaru Tahun 2022 !"

Post a Comment