Kecepatan Internet 5.5G Dikatakan 10 Kali Lebih Cepat Daripada 5G

 

Perkembangan Jaringan 5G yang sedang dikembangkan di dengar bahwa akan merilis jaringan yang lebih cepat kecepatannya, malahan di perkirakan kecepatannya 10 kali lebih ngebut dan kencang dari jaringan 5G, dan jaringan tersebut dinamakan jaringan 5.5G . Tentunya jaringan 5.5G ini seharusnya diatas jaringan 5G dong karena secara angkanya itu lebih besar dari angka 5G seperti jaringan pendahulunya 4G dan 4.5G.

Pada masa sekarang jaringan 4G sudah sering digunakan dan rata-rata pengguna smartphone pasti menggunakan jaringan paling tidaknya jaringan 4G karena jaringan 4G merupakan jaringan tercepat dan paling bisa diakses di negara Indonesia kita tercinta ini yah walaupun jaringannya juga kadang masih tidak stabil, namun memang masih bisa digunakan secara kebutuhan sehari-hari. Setelah teknologi 4G sudah sering digunakan, pengembangannya dilanjutkan dengan teknologi 4.5G. Kecepatan internet 4.5G diklaim lebih kencang, yakni kecepatan download-nya (unduh) mencapai 300 Mbps, tiga kali lebih ngebut dari 4G yang dipatok 100 Mbps. 

Melihat kejadian tersebut dimana jaringan 4.5G yang memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada jaringan 4G maka hal yang sama juga dilakukan dengan teknologi 5G yang mana sama seperti jaringan 4G yang diteruskan dengan 4.5G, teknologi 5G juga nantinya akan dilanjutkan dengan 5.5G dengan peningkatan kecepatan download hingga 10 kali lipat dari 5G. Apabila prediksi itu tepat, maka kecepatan 5.5G bisa mencapai 10 Gbps. Sebab, kecepatan 5G saat ini diklaim mencapai 1.000 Mbps (1 Gbps), 10 kali lipat dari kecepatan 4G yang dipatok 100 Mbps. 

Seperti diketahui, selain membuat smartphone dan laptop, Huawei juga merupakan sebuah perusahaan teknologi asal China yang memproduksi base transceiver station (BTS) yang biasa digunakan operator seluler. "Setelah 5G, teknologi selanjutnya yang menjadi fokus kami adalah 5.5G. Teknologi ini bakal bisa memiliki kecepatan download 10 Gbps, mendukung miliaran koneksi jaringan, dan turut meningkatkan pengalaman penggunaan perangkat pintar.

Dengan kecepatan 10 Gbps, sebuah film berkualitas tinggi dengan ukuran sekitar 10 GB, diklaim akan bisa diunduh dalam waktu 1 detik saja, gila gak tuh ? kalian kalau ngedownload film 10gb cuman 1 detik doang sekali kedip mata langsung selesai gak perlu capek-capek nunggu lagi. berbeda dengan 5G yang bakal mengunduh film yang sama dalam waktu 10 detik.  Namun, sama seperti 5G, kecepatan 10 Gbps ini tentunya akan bergantung dengan beragam faktor seperti lokasi, trafik pengguna, hingga perangkat yang kita gunakan.

Wang sang direktur jaringan di Huawei tidak mengumbar kapan teknologi 5.5G bisa dirasakan pengguna umum. Saat ini, dia mengatakan teknologi tersebut sedang dalam pengembangan, dan pihaknya tengah fokus untuk menyempurnakan teknologi tersebut dengan fokus kepada beberapa aspek."Fokus kami ke depannya adalah meningkatkan kemampuan di lima aspek yang penting, yaitu standar teknologi, spektrum, produk, ekosistem, dan pengaplikasian 5.5G untuk menciptakan dunia yang pintar dan saling terkoneksi.

Yah begitulah perkiraan kecepatan dari jaringan 5.5G ini yang akan datang, orang-orang pintar tentang jaringan ini memang sangat semangat ya dalam mengembangkan jaringan, meskipun sekarang juga di indonesia masih kebanyakan menggunakan jaringan 4G dan untuk mendapatkan jaringan 4.5G itu juga jarang serta jaringan 5G di indonesia juga masih sedikit bisa diakses, hanya dibeberapa titik tempat saja jaringan 5G bisa diakses di kota Indonesia tetapi yah tidak apa-apa mari kita lihat saja perkembangan jaringan ini pada masa depan nantinya.

(L.Ahm)

Senin, 31 Oktober 2022



*** Fandi Media ***

0 Response to "Kecepatan Internet 5.5G Dikatakan 10 Kali Lebih Cepat Daripada 5G"

Post a Comment