Keamanan Fitur Sekali Lihat WhatsApp Akhirnya Di Update ! Pengguna Jadi Tidak bisa Screenshoot Pesannya

 

Setelah berlama-lama Fitur yang dikeluarkan oleh whatsapp yaitu fitur sekali lihat (view once) yang di rilis dirasa kurang maksimal untuk menutup privasi seseorang, akhirnya whatsapp mengupdate fitur keamanan tersebut. Dimana sekarang fitur Pesan sekali lihat tersebut sudah tidak bisa melakukan screenshoot agar tidak terjadi kebocoran informasi ketika sedang mengirimkan sebuah informasi pesan, foto ataupun video ketika ingin mengirimkannya kepada seseorang.

pemblokiran upaya tangkapan layar untuk pesan sekali lihat sudah hadir di aplikasi WhatsApp versi 2.22.22.80 di ponsel Android.Dengan adanya fitur baru ini, ketika pengguna membuka foto/video View Once lalu mencoba mengambil screenshot, layar bakal menampilkan notifikasi berbunyi "Cannot capture screenshot. The page contains personal information" (Tidak dapat menangkap screenshot. Halaman berisi informasi pribadi). Sehingga pengguna tidak akan bisa melakukan screenshot ataupun perekaman layar.

WhatsApp sendiri mulai menggulirkan fitur "View once" atau "Sekali lihat" pada Juni 2021. Fitur View Once ini memungkinkan penerima pesan melihat foto atau video sekali saja. Untuk membedakan dengan file media biasa, foto/video yang dikirimkan dengan fitur View Once biasanya dilengkapi ikon angka "1" yang terbingkai lingkaran. Tujuan keberadaan fitur View Once tak lain adalah untuk meningkatkan privasi pengguna ketika mengirim konten sensitif. Sebab, setelah dibuka oleh penerima, file media tersebut akan menghilang dari ruang obrolan dan tidak tersimpan di galeri dan bisa menjaga keamanan. Sehingga pesan tidak bisa lagi dilihat oleh penerima maupun pengirim.

Tentunya fitur sekali lihat ini di buat demi kebutuhan dan kenyamanan pengguna dalam menjaga privasi dan rahasianya sehingga informasi yang diberikan hanya sekilas dan diharapkan tidak bocor, maka fitur sekali lihat inilah solusinya yah meskipun ketika sudah rilis kemarin fitur ini memang kurang maksimal, oleh karena itu whatsapp mengupdate fitur ini agar tidak bisa melakukan screenshoot sehingga nilai keamanan dan enkripsi dari fitur ini jadi lebih bermakna dan berguna.

Aslinya fitur sekali lihat ini sudah lama ada pada aplikasi sebelahnya yaitu Telegram, dimana fitur tersebut lebih tinggi tingkat keamanannya dan sangat berguna dalam memberikan informasi berharga dan bisa menjaga privasi, dimana jika di aplikasi telegram tersebut ketika menggunakan fitur sekali lihat maka pesan tersebut hanya bisa dilihat dalam batas waktu yang ditentukan maksimal 1 menit, dan pada waktu tersebut orang lain tidak bisa melakukan screenshoot maupun rekam video layar, jadi enkripsi dan keamanannya sangat terjaga.

Namun Whatsapp tidak akan mau mengalah dengan tingkat keamanan dan enkripsi pesannya sehingga akan terus meningkatkan keamanan pesan para penggunanya agar pengguna bisa menggunakan aplikasi whatsapp dengan nyaman dan tenang.

(L.Ahm)

Minggu, 30 Oktober 2022

*** Fandi Media ***

0 Response to "Keamanan Fitur Sekali Lihat WhatsApp Akhirnya Di Update ! Pengguna Jadi Tidak bisa Screenshoot Pesannya "

Post a Comment