Perbedaan Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid Yang Harus Anda Ketahui

 

Pada Tahun 2022 ini banyak keluaran mobil-mobil baru yang mana mengusahakan untuk memajukan dapur pacu dan mesinnya agar lebih kencang ringan dan bagus dan menyematkan energi listrik di dalam mobil tersebut salah satunya yaitu mobil hybrid. Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaganya. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hybrid memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya. Jadi pada intinya mobil hybrid ini adalah mobil yang memiliki dua mesin dalam melakukan pekerjaan dapur pacunya agar mobilnya dapat berjalan lebih mulus daripada mobil biasa.

Mengenai hybrid juga bermacam-macam jenis. Sebab, ini akan menentukan harga mobil hybrid itu. Seperti yang diketahui ada mobil hybrid murni dan mild hybrid yang keduanya memiliki selisih harga jual yang cukup jauh.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan perbedaan mobil hybrid dan mild hybrid terletak pada besar kecilnya kapasitas baterai, itu akan menentukan cara kerjanya.Di Toyota tidak ada mild hybrid, yang ada full hybrid sehingga kapasitas baterainya besar, bisa menghasilkan efisiensi konsumsi bahan bakar tinggi. Kalau kompetitor ada mild hybrid yang kapasitas baterainya kecil. Dengan kapasitas baterai yang besar maka cara kerja mesin hybrid bisa lebih optimal.

Semakin besar kapasitas baterainya, maka kemampuan mesin hybrid bisa mengandalkan motor listrik makin panjang, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih sedikit, seperti yang diketahui pada mesin hybrid terdapat motor listrik dan mesin bakar,bila kapasitas baterainya kecil, maka kemampuan mesin hybrid juga bakal terbatas, bahkan untuk menggerakkan mobil hanya dengan mengandalkan motor listrik tidak akan bisa, seperti di mobil mild hybrid.

Jika dilihat dari kapasitas baterainya, mobil mild hybrid memiliki baterai yang kecil, itu mungkin tidak akan mampu menggerakkan mobil secara independen, melainkan hanya sekadar membantu putaran mesin bakar jadi jika membahas efisiensi maka mobil hybrid murni lebih bagus tentunya.

Perpaduan sistem kerja mesin bakar dan motor listrik pada mobil hybrid bekerja secara tertutup, jadi bekerja berdasarkan perintah sistem tidak bisa diatur secara manua oleh pengendara. Jadi, perbedaan cara kerja mobil hybrid dan mild hybrid ada di kolaborasi mesin bakar dan motor listriknya; di mana mesin hybrid bisa mengandalkan salah satu sumber tenaga sementara mild hybrid motor listriknya hanya membantu putaran mesin.

Nah begitulah perbedaan cara kerja dari mobil hybrid murni dan juga mobil mild hybrid, semoga bermanfaat ya.

(L.Ahm)

Senin, 28 November 2022

*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment