Anda Suka Tidur Dengan Rambut Basah? Ketahui bahayanya

 

Tidur setelah mandi merupakan sesuatu hal yang menyenangkan, karena dengan mandi terlebih dahulu akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga ketika tidur akan jadi lebih pulas dan nyenyak. Kebanyakan orang ketika sesudah mandi mengeringkan tubuhnya dengan sempurna menggunakan handuk, penghangat atau alat sebagainya, namun sering kali jika pada bagian rambut itu tidak dikeringkan maksimal, lalu tidur dalam keadaan rambut yang masih lembab dan basah padahal sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat membahayakan tubuh kita.

Memang mengeringkan rambut setelah dikeramas terkadang bisa menjadi proses yang merepotkan. Khususnya bagi pemilik rambut panjang yang harus menjalani rutinitas tersebut. Dilema ini paling sering dirasakan ketika berada dalam kondisi mengantuk dan kelelahan di malam hari karena telah melakukan aktivitas yang padat seharian. Sepulang kantor dan melakukan aktivitas seharian, kita tentunya ingin tidur dalam kondisi yang bersih termasuk dengan mencuci rambut. Namun proses mengeringkan rambut biasanya membutuhkan waktu lama sehingga terpaksa menunda jam istirahat.

Mengeringkan rambut basah dengan hair dryer memang lebih cepat namun tidak membuatnya selesai seketika. Akhirnya, banyak yang nekad pergi tidur dalam keadaan rambut basah atau lembap. Kebanyakan mengira perilaku ini hanya membuat tubuh rentan terserang flu atau masuk angin.

Tidur dengan rambut basah memang bukan penyebab utama kita mengalami flu atau masuk angin ketika bangun keesokan harinya. Namun bukan berarti kebiasaan ini bisa sering dilakukan atau dibiarkan saja. Pasalnya, pergi tidur dengan rambut basah memiliki sejumlah bahaya lainnya, termasuk berkaitan dengan jamur dan kerusakan kulit kepala. Jamur, seperti Malassezia, dapat menyebabkan kondisi seperti ketombe atau dermatitis sehingga tidur dengan rambut kering adalah pilihan terbaik.

Selain itu, perilaku tersebut juga menjadikan sarung bantal sebagai tempat tumbuh subur, berkembang biak dan sarang jamur. Banyak yang basah di kamar yang hangat adalah tempat ideal bagi organisme ini bertambah banyak. Sejumlah jamur yang mungkin berkembang termasuk Aspergillus fumigatus.

Tidur dengan rambut basah juga berdampak buruk pada rambut kesayangan, salah satunya bangun dalam kondisi kusut. “Rambut paling lemah saat basah. Risiko utama (selain kosmetik) adalah kerusakan rambut saat berguling-guling saat tidur”. Oleh karena itu jika tidur dalam keadaan rambut yang basah maka akan dapat membahayakan tubuh anda.

Nah begitulah informasi tentang bahaya tidur dengan keadaan rambut basah, jadi jangan sampai lagi anda tidur dengan keadaan rambut basah lagi ya karena memang sangat membahayakan tubuh anda dan membuat gaya hidup anda menjadi buruk, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)

Senin, 5 Desember 2022

*** Fandi Media ***

0 Response to "Anda Suka Tidur Dengan Rambut Basah? Ketahui bahayanya "

Post a Comment