Waspada ! Penipuan Berkedok Pesan WA Kurir Paket Ramai Tersebar !

 

Ada saja akal-akalan para penipu pada zaman sekarang, seorang penipu pasti ada saja akal bulusnya untuk menjebak dan memeras semua barang atau harta si korban yang dijadikan target dalam penipuannya, hal ini memang sangatlah merugikan seseorang karena dengan mengambil paksa apa yang jadi hak miliknya.

Apalagi zaman sekarang yang sudah semakin canggih, penipuan pun juga ikut berkembang dan beragam saja akal bulusnya dan trik-trik dan modus yang dilakukannya kepada sikorban salah satunya seperti penipuan pesan Whatsapp yaitu berkedok mengirimkan pesan WA yang berisi tentang kurir yang ingin mengirimkan paket, lalu memberikan sebuah apk atau sebuah link phising yang nantinya sangat berbahya jika di klik oleh sikorban.

Contohnya seperti korban penipuan whatsapp ini, seorang warga Malang menjadi korban penipuan berkedok pesan WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan kurir paket. Ardi Maulana (21) warga Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur itu mengatakan kejadian tersebut dialaminya bulan lalu, tepatnya pada Rabu (9/11/2022).

Ardi menceritakan, dia dihubungi oleh nomor tidak dikenal yang mengaku dari jasa ekspedisi. Kemudian, dia diminta untuk mengunduh aplikasi dalam pesan yang dikirim melalui WhatsApp yang berkedok bukti resi kiriman paketnya. "Modusnya, tiba-tiba saya dihubungi ada paket dan saya tidak merasa beli paket itu. Saya pikir nyasar dan saya ditelepon terus. Dia bilang, aku cuma kurir. Saya disuruh download APK yang dikirim penipu dan (diminta) mengeklik APK-nya," kata Ardi, Kamis (8/12/2022). 

Setelah mengunduh aplikasi dengan format Android Package Kit atau biasa disingkat APK (.apk) tersebut, Ardi menerima notifikasi bahwa saldo tabungannya senilai Rp 3 juta, raib habis ludes tersedot semuanya langsung ditransfer ke nomor rekening si penipu. Memang kurang ajar penipuan yang dilakukan penipu ini.

Perlu di ketahui bahwa modus penipuan yang dilakukan seperti kasus yang pernah terjadi tersebut ialah modus penipuan phising, nah phising adalah modus penipuan yang mada menggunakan perantara aplikasi ataupun web link, nah jika seseorang atau korban mengklik link atau mendownload sebuah apk aplikasi tersebut, maka data-data pribadi bank, m banking, internet banking, email password pin segalanya akan terbaca dan terdeteksi ke device penipu.

Oleh karena itu konsep penipuan ini sangatlah simple namun sangat berakibat fatal, jadi cara mencegahnya ialah anda jangan mudah percaya dengan orang-orang yang dikenal maupun tak dikenal, dan tiba-tiba mengirimkan sebuah aplikasi atau link jangan pernah coba untuk mengkliknya karena itu sangat berbahaya, jika anda tidak mengklik link atau apk yang diberikannya maka data-data anda akan aman dan segera blokir nomor kontak orang tersebut, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)

Sabtu, 10 Desember 2022


*** Fandi Media ***

0 Response to "Waspada ! Penipuan Berkedok Pesan WA Kurir Paket Ramai Tersebar !"

Post a Comment