Cara mengetahui Kabel VGA asli atau tidak.!!!!!

 



Awalnya kabel VGA hanya mendukung resolusi 480p. Seiring perkembangan teknologi, kini sudah banyak produknya yang dapat mentransfer tampilan 2048 × 1536 piksel (85 Hz). Namun, kesuksesannya bergantung pada spesifikasi VGA card dan perangkat display yang Anda gunakan.Perlu sobat ketahui, kabel VGA hanya mentransmisikan sinyal video analog. Jadi, kabel ini tidak akan memindahkan audio ke perangkat lain.karena Audionya masih akan berasal dari source. Untuk itu, sobat perlu menggunakan kabel tambahan yang berbeda.

Tugas utama kabel VGA adalah menghubungkan perangkat komputer ke monitor untuk menampilkan gambar.Kabel ini mudah diidentifikasi karena memiliki 15 pin di bagian kepalanya.Tipe VGA ini mudah sekali sobat temukan di pasaran. Namun, berhati-hatilah saat memilihnya. Apabila Anda hendak menyambungkan perangkat komputer atau laptop ke layar, pilihlah kabel male to male. Jika sobat memilih kabel male to female, sifatnya menjadi kabel extension. Kabel VGA dengan kepala female memiliki 15 lubang, bukan 15 pin. 

Kabel male to male banyak digunakan untuk menampilkan display komputer atau laptop ke proyektor. Oleh karena itu, ukuran panjangnya sangat beragam. Jangan heran ya sobat kalau kabel VGA to VGA sepanjang 10 meter tersedia di pasaran, bahkan ada yang 50 meter.sobat kalau Memilih panjang kabel VGA yang pas membuat tampilan meja atau ruangan sobat lebih rapi. Kabel yang terlalu pendek tentunya sia-sia bagi sobat. Di sisi lain, jika kabelnya terlalu panjang, sobat bisa saja tersandung. tidak  hanya berbahaya untuk diri sendiri, perangkat sobat pun dapat bergeser dan terjatuh. Untuk itu, sobat perlu memastikan jarak di antara perangkat tersebut.





Ada beberapa hal yang bisa sobat periksa untuk memastikan build quality kabel VGA. Gunakanlah cara-cara di bawah ini sebagai panduan untuk sobat supaya bisa memilih produk yang berkualitas.

  • Shielding ,Konduktor yang dilapisi pelindung tidak mudah terganggu sinyal lain. Lapisan seperti aluminum foil dan anyaman kawat tembaga akan memastikan gambar yang dihantarkan kabel VGA tetap jernih. Kedua lapisan tersebut dikenal dengan double shielding (perisai ganda).
  • Jacket ,Lapisan terluar kabel akan menentukan daya tahannya. Jika sobat menggunakan kabel VGA untuk jangka panjang, pilihlah yang dibungkus dengan material PVC agar awet dan tahan lama.
  • Plating ,Kepala dan pin kabel VGA perlu diberi lapisan untuk mencegah karat dan korosi. Kepala yang berkarat bakal menghasilkan gambar yang tidak stabil, bahkan sulit dibaca perangkat. Lapisan kepala kabel VGA biasanya berwarna emas sehingga disebut gold-plated pin (pin berlapis emas).
  • Ferrite core, Selain shielding, ferrite core akan melindungi kabel dari noise seperti sinyal lain dan gelombang daya kabel power. Pelindung ini berbentuk seperti tabung, serta terletak di lapisan terluar kabel VGA. Anda dapat menemukannya pada kedua ujung kepala kabel.

sobat harus tau Tidak semua merek memberikan informasi tersebut untuk produknya. Untuk mendapat jaminan build quality yang bagus, pilihlah produk yang disertai keterangan tersebut.

Nah ,itulah informasi tentang VGA bagi sobat sekalian harus lebih teliti dalam pemilihan kabel VGA supaya tampilan di monitor atau di pc sobat lebih maksimal hasil nya.  semoga bermanfaat buat sobat-sobat.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara mengetahui Kabel VGA asli atau tidak.!!!!!"

Post a Comment