FKIP UMRI Inisiasi Konsep Integrasi AIK untuk Mata Kuliah Kependidikan

FKIP UMRI kembali mengadakan workshop  Integrasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) berbasis capaian bagi para dosen. Acara yang diikuti sebanyak 8 Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidikan yang merupakan Perwakilan masing-masing Prodi yang ada di FKIP. Workshop Integrasi AIK ini berlangsung di Gedung KH. Ahmad Dahlan lantai 6 UMRI.


Workshop ini dibuka langsung Oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Dr. H Saidul Amin MA. Dalam kesempatan tersebut beliau mengungkapkan “Workshop ini harus mampu menghasilkan sebuah produk, terutama pembelajaran terintegrasi AIK sesuai dengan tema yang diangkat. Kita berharap FKIP dapat menjadi fakultas pionir yang dapat mengintegrasikan AIK di setiap aspek akademik maupun non akademik.”

 

Workshop ini diisi oleh dua orang Narasumber yang berkompeten yaitu Dr. Lukman Djamaludin MA, Sri Fitria Retanwati, M,Si. Pada hari pertama, Dr. Lukman Djamaluddin MA menyampaikan materi tentang wawasan standar AIK, point-point pengintegrasian AIK dalam Mata Kuliah kependidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sedangkan pada hari kedua Sri Fritria Retnawati, M, Si. yang akrab disapa Bu Fitri membuka materi dengan mengulas Kembali terkait dengan Visi-Misi, Tujuan Perguruan Tinggi, Struktur Kurikulum, hingga Capaian Pembelajaran (CPL) dan Capaian Mata Kuliah (CPMK). 

 

Pada sesi selanjutnya Sri Fitria Retnawati, M,Si mengarahkan peserta untuk membuka Kembali Rencana Program Semester (RPS) agar Pembelajaran berbasis outcome yang akan digunakan di pembelajaran nanti sudah terintegrasi AIK. Sri Fitria Retnawati juga menyampaikan bahwa AIK pada dasarnya, telah tercantum di dalam Capaian Pembelajaran yaitu SiKap, namun untuk lebih jelas integrasi AIK dalam Mata Kuliah Kependidikan perlu menambahkan AIK pada bagian materi. dan metode yang digunakan disertai dengan Referensinya. 

 

Pada Akhirnya Workshop ini nantinya Dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki pemahaman dan pedoman yang sama terkait Integrasi AIK. Dosen-dosen memiliki RPS dan Bahan Ajar yang sama dan sudah terintegrasi AIK sehingga diharapkan memiliki capaian yang sama juga untuk mahasiswa. (F Azim)

Load comments

0 Comments