Android 14 Sudah Rilis ! Berikut 5 Fitur Baru Yang Diumumkan di Google I/O 2023

 

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang khusus untuk perangkat seluler seperti smartphone, tablet, dan smartwatch. Android dikembangkan oleh Google dan dirilis pertama kali pada tahun 2008. Dimana android sudah lama menemani manusia untuk menunjang pekerjaan manusia baik dalam sosial media dan teknologi lainnya. Sistem operasi ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan dapat disesuaikan, serta berbagai fitur seperti notifikasi, layar sentuh yang responsif, dan dukungan multi-jendela. Selain itu, Android juga menyediakan akses ke Google Play Store yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi dan game.

Android memiliki arsitektur terbuka yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi dan modifikasi sistem operasi sesuai dengan kebutuhan mereka serta bagaimana kenyamanan mereka yang menggunakannya. Hal ini telah memungkinkan munculnya berbagai varian Android, termasuk yang dikembangkan oleh produsen ponsel yang berbeda dan telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri. Android juga menawarkan dukungan yang kuat untuk integrasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Maps, Google Drive, dan lain-lain. Selain itu, Android memiliki sistem keamanan yang kuat dan terus ditingkatkan, termasuk enkripsi data, autentikasi dua faktor, dan pembaruan keamanan berkala.

Dalam keseluruhan, Android adalah sistem operasi yang sangat populer di seluruh dunia dan telah memungkinkan banyak orang untuk terhubung dengan mudah dan mengakses berbagai aplikasi dan layanan di ponsel mereka serta telah banyak membantu manusia dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari yang dilakukan.

Konferensi pengembang tahunan Google atau disebut Google I/O 2023 resmi digelar di AS, 10 Mei 2023. Dalam konferensi itu, Google mengumumkan aneka produk baru termasuk Pixel Fold, Pixel Tablet, fitur baru di Android 14, dan sebagainya. Di Google I/O 2023, Google mengumumkan fitur baru lainnya untuk Android 14, penasaran apa saja fitur yang diberikan? Yuk simak sebagai berikut.

1. Wallpaper emoji dan sinematik

            Google juga menambahkan opsi wallpaper baru, termasuk wallpaper dengan emoji dan wallpaper sinematik yang membuat wallpaper hp anda menjadi lebih menarik. Dengan fitur wallpaper emoji, pengguna bisa memakai hingga 14 emoji berbeda, memilih pola dan menentukan warna kemudian dijadikan wallapaper unik baik untuk wallapaper layar utama maupun layar kunci. Wallpaper emoji sendiri didesain interaktif, sehingga setiap emojinya akan bergerak ketika disentuh. Adapun dengan wallpaper sinematik, pengguna bisa memakai foto menjadi gambar 3D dengan efek gerakan sinematik yang ditambahkan ke background.

2. Kunci layar yang bisa disesuaikan

Pengguna Android 14 akan memiliki kemampuan untuk menambahkan jam lain selain jam yang sudah disediakan system sehingga kunci layer anda bisa dimodifikasi serta tidak terlalu monoton ke layar kunci ponsel. Selain itu, pengguna juga bisa memilih font, warna, ukuran dan desain jam yang diinginkan. Ada pula pintasan (shortcut) baru di layar kunci ponsel, memungkinkan pengguna mengakses aplikasi atau menu yang paling sering dipakai. Misalnya menyalakan senter, membuka e-wallet hingga kamera untuk memindai kode QR secara langsung dari layar kunci ponsel.

3. Magic Compose

Fitur ini akan hadir di aplikasi "Pesan" di Android. Didukung oleh AI, fitur ini akan membantu pengguna menambahkan lebih banyak personalisasi ke dalam obrolan sehingga sebuah percakapan akan terlihat lebih menarik. Selain itu, fitur ini juga bisa memberikan rekomendasi balasan berdasarkan konteks pesan bahkan mengubah gaya tulisan pengguna.

 

4. Wallpaper berbasis AI generatif

Seiring dengan populernya kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif, Google juga menerapkan teknologi tersebut untuk memperkaya fitur Android 14 yang membuat android 14 terlihat lebih menawan. Dalam praktiknya, pengguna bisa membuat wallpaper unik berkat AI. Caranya dengan memilih tema wallpaper. Setelah memilih, pengguna bisa mengeditnya agar tampilan wallpaper sesuai dengan keinginan Anda.

5. Pembaruan fitur Find My Device

 Fitur Find My Device di Android 14 akan mendapat peningkatan. Google meningkatkan kemampuan Find My Device agar bisa menemukan perangkat pengguna meskipun dalam keadaan offline atau tidak mendukung layanan lokasi yang membuat pencarian hp yang hilang jadi lebih mudah. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa melacak ponsel yang hilang apabila perangkat masih dalam keadaan aktif dan tersambung internet. Dalam praktiknya, fitur ini memanfaatkan Bluetooth dan perangkat Android lain untuk membantu pengguna menemukan benda miliknya. "Find My Device yang baru akan memanfaatkan lebih dari satu miliar perangkat Android di seluruh dunia untuk membantu Anda menemukan barang-barang Anda yang hilang seperti headphone, alat pelacak, atau bahkan ponsel melalui Bluetooth," kata Google, Jumat (12/5/2023). Selain itu, Google juga akan mengaktifkan fitur yang akan memperingatkan pengguna bila ada pelacak asing yang mengikuti mereka.

 

Daftar ponsel yang sudah kebagian Android 14 versi beta

Android 14 sudah tersedia dalam versi beta publik sejak April lalu. Selain smartphone Pixel series, sejumlah ponsel yang sudah bisa menjajal OS terbaru Android itu antara lain Xiaomi, Vivo. Tecno, Realme hingga Oppo. Berikut rinciannya:

·       Xiaomi 12T, Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, Xiaomi Pad 6

·       vivo X90 Pro

·       Tecno Camon 20 series

·       Realme OPPO Find N2 Flip

·       OnePlus 11

·       Nothing Phone (1)

·       Lenovo Tab Extreme

·       iQOO 11

Nah begitulah informasi tentang fitur pada android 14, yang mana membuat android 14 semakin keren dan kaya akan fitur-fitur yang menakjubkan sehingga membuat usernya tidak akan cepat bosan, semoga bermanfaat.

(L.Ahm)

Rabu, 17 Mei 2023


Load comments

0 Comments