Cara membersihkan panci yang gosong dengan bahan yang sederhana dan low budget

 

    Menggunakan Panci memang biasanya digunakan untuk dalam jangka waktu yang panjang, hal tersebut membuat pancing jadi gosong hitam dan kotor, tentunya itu akan membuat panci jadi terlihat tidak menarik dan tidak enak di pandang, sehingga ketika menggunakannya juga pun akan terasa tidak menyenangkan, nah untuk mengatasi hal tersebut maka kali ini fandimedia akan share bagaimana tips agar panci anda jadi bisa lebih bersih dan kinclong.

    Membersihkan panci yang gosong bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dengan mudah:

  • Rendam panci: Isi panci dengan air panas dan tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Biarkan panci direndam selama beberapa jam atau semalam. Air panas dan cairan pencuci piring akan membantu melonggarkan residu yang terbakar.
  • Menggunakan larutan cuka: Jika panci masih tetap gosong setelah direndam, coba campurkan larutan setara air dan cuka ke dalam panci. Rebus larutan ini selama beberapa menit. Vinaigrette dalam cuka dapat membantu melarutkan lapisan yang terbakar.
  • Gunakan baking soda: Baking soda juga dapat membantu menghilangkan lapisan yang terbakar pada panci. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini ke daerah yang terbakar dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya dengan spons atau sikat lembut.
  • Gosok dengan spons atau sikat: Setelah panci direndam atau diobati dengan solusi pembersih, gunakan spons atau sikat lembut untuk menggosok daerah yang terbakar dengan lembut. Usahakan untuk menghilangkan semua residu yang terbakar.
  • Bilas dan periksa: Bilas panci dengan air bersih untuk menghilangkan semua cairan pembersih dan residu. Periksa kembali panci untuk memastikan bahwa semua lapisan yang terbakar telah dihilangkan. Jika masih ada noda yang tersisa, Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas atau mencoba metode pembersihan lainnya, seperti menggunakan pasta baking soda atau campuran air oksigen.

Gunakan garam 

    Garam bisa untuk membersihkan panci gosong selama 20 menit. Caranya adalah isi air hangat dan masukkan dua sampai tiga sendok makan garam dapur. Biarkan selama 15 menit hingga air mendidih. Tuang air dari dasar panci, kemudian taburkan garam dan gosok dengan menggunakan spons. Cuci panci seperti biasa dengan sabun dan air panas, biarkan kering selama 20 menit.

Siapkan air panas 

    Kamu bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan kerak gosong. Panci baja tahan karat bisa hilang bekas gosongnya, jika digunakan untuk merebus air. Gunakan sendok kayu untuk mengikis area gosong. 

Gunakan lemon 

    Kamu bisa menggunakan lemon untuk membersihkan panci gosong. Potong buah lemon, masukkan ke dalam air bersih dan jeruk lemon. Nyalakan api kompor dan rebus. Aduk dengan spatula kayu hingga kerak terangkat.

Rendam dengan kain 

Siapkan satu lembar kain pengering pakaian kemudian hilangkan kerak gosong pada panci. Isi panci dengan air hangat, rendam dengan kain, dan tunggu hingga beberapa jam sampai air keruh. 

Gosok dengan alumunium foil 

Siapkan satu lembar alumunium foil, bentuk bulat seperti bola. Gosok di bagian dasar panci yang terbakar dan berkerak. Bilas panci dengan air sabun yang hangat.

    Selalu periksa petunjuk penggunaan produsen panci sebelum membersihkan panci yang gosong, karena beberapa panci mungkin memiliki rekomendasi pembersihan khusus yang perlu diikuti. Selain itu, jaga keamanan diri Anda dengan menggunakan sarung tangan saat melakukan pembersihan panci yang gosong anda agar jadi lebih bersih, semoga bermanfaat

(L.Ahm)

Rabu, 24 Mei 2023

Load comments

0 Comments