Kurikulum Merdeka Didukung Oleh KEMENDIKBUD Dibanyak Sekolah

 


Tingkat dan nilai kualitas sekolah sangat berpengaruh bagi keberlangsungan masa depan anak-anak bangsa, dimana jika tingkat kualitas pembelajaran sekolah yang diberikan bagus dan mampu menunjang kemampuan siswa akan dapat menciptakan lulusan-lulusan muda yang berkualitas didalam dunia kerja.

Sekolah adalah tempat di mana individu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan mencapai potensi penuh mereka. Melalui kurikulum yang terstruktur, siswa dapat mempelajari berbagai mata pelajaran seperti matematika, ilmu pengetahuan, sejarah, sastra, dan bahasa. Pendidikan yang baik membantu siswa untuk memahami dunia di sekitar mereka, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi dengan efektif, dan mempersiapkan mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.

Sekolah juga berperan dalam membentuk karakter siswa dan memperkuat nilai-nilai moral. Melalui pendidikan karakter, siswa diajarkan tentang etika, integritas, tanggung jawab, rasa hormat, keadilan, dan nilai-nilai lainnya yang membantu mereka menjadi individu yang baik dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Sekolah berperan dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Dengan memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda, sekolah membantu menciptakan masyarakat yang lebih terdidik, berpengetahuan, dan berdaya saing. Pendidikan yang baik juga dapat membantu mengurangi kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan kesehatan, dan mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

Secara keseluruhan, sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu, masyarakat, dan masa depan suatu negara. Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memberikan manfaat yang luas bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Perusahaan penyedia solusi dan saran tentang pendidikan berbasis teknologi yang juga menjadi salah satu Mitra Pembangunan Kemdikbud Ristek yang mana selalu mengawasi dan memberikan usulan terbaik dalam dunia pendidikan, Kelas Pintar telah menyelenggarakan berbagai program untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Program-program tersebut antara lain rangkaian webinar, pembelajaran yang lebih kompleks adanya pendampingan ke satuan pendidikan binaan, dan menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

"Sejak resmi menjadi Mitra Pembangunan Kemdikbudristek pada Mei 2022 lalu, Kelas Pintar telah menyelenggarakan berbagai program untuk mendukung satuan pendidikan serta dinas-dinas terkait dalam implementasi Kurikulum Merdeka," kata Founder sekaligus CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie dalam keterangannya.

Sampai dengan April 2023, Kelas Pintar telah menyelenggarakan dua rangkaian webinar. Webinar yang pertama membahas topik Sosialisasi Penguatan implementasi Kurikulum Merdeka yang diadakan pada Agustus hingga September 2022. Webinar tersebut diadakan di Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra Selatan dengan peserta sebanyak 1.403. Sejak bulan November 2022, acara webinar kedua telah berlangsung hingga sekarang ini. 

Webinar tersebut membahas topik Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sampai dengan Maret 2023, rangkaian webinar kedua tersebut telah diikuti oleh 1.182 peserta. Program lain yang telah dilakukan Kelas Pintar adalah pendampingan ke Satuan Pendidikan Binaan. Program pendampingan tersebut diadakan baik secara luring maupun daring sejak September 2022 hingga saat ini.

Sampai dengan April 2023, program pembinaan tersebut telah diadakan ke 182 Satuan Pendidikan secara luring dan 498 Satuan Pendidikan secara daring atau online. Kelas Pintar juga terlibat dalam berbagai rangkaian kegiatan terkait implementasi Kurikulum Merdeka sebagai narasumber. Adapun kegiatan yang telah melibatkan Kelas Pintar sebagai narasumber, yakni Pendampingan IKM dengan BMPS DKI Jakarta, Penguatan IKM dengan BPMP DIY wilayah Gunungkidul, Pendampingan P5 dengan BPMP Banten wilayah Cilegon, dan Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar bersama BPMP DKI Jakarta. 

KEMENDIKBUD berharap rangkaian program yang telah diadakan Kelas Pintar dapat membantu satuan pendidikan serta pihak-pihak terkait dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini dalam kegiatan belajar-mengajar.

"Kelas Pintar pun tidak akan berhenti sampai di situ, kami telah menyiapkan program-progam lanjutan sehingga implementasi Kurikulum Merdeka dapat maksimal dan menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia," kata Uffie.

KEMENDIKBUD akan selalu mengawasi bagaimana Kurikulum Merdeka yang akan dilakukan serta akan mengatur bagaimana kurikulum pada sekolah di Indonesia ini dilakukan, yang mana diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan performa belajar mengajar, yang tentunya akan menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan terbaik.

(L.Ahm)
Rabu, 24 Mei 2023




 



Load comments

0 Comments