Perbedaan IP Address Versi 4 dan IP Address Versi 6

 Perbedaan IPv4 dan IPv6


 

Selamat malam sobat Fandi Media semuanya, pada kesempatan kali ini sy akan lanjutkan berbagi terkait dengan IP Versi 4 dan IP Versi 6.

Oke, sebelum kita bahasa lebih lanjut terkait IPv4 dan IPv6, sy akan mengulas sedikit terkait dengan IP.

IP adalah singkatan dari Internet Protocol. setiap komputer yang terhubung ke Jaringan perlu yang namanya IP, sebagai pengenal dari Komputer tersebut, agar dapat berkomunikasi dengan baik. IP sebagai identifier karena alamat ini digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di dalam sebuah jaringan lokal dan Global.

Terdapat 2 cara ntuk menentukan sebuah IP di Komputer kita:

  1. Atomatically
  2.  Input Langsung IP-nya
Oke kita langsung kepembahasan :
 
IP versi 4.

IPv4 atau yang dikenal IP versi 4. IPv4 adalah versi terbaru dan alamat IP yang paling umum digunakan. IPv4 menggunakan alamat 32-bit yang ditulis dalam empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik. setiap angka yang dibatasi tanda Titik menyatakan maksimal 8 bit, yang dikonversikan kedalam bilangan Desimal. jadi untuk IP v4 IPv4 menghasilkan 4 miliar alamat, yang tidak cukup untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet di planet kita ini. sedangkan populasi penduduk dunia adalah 7,6 miliar. 
 
Misalnya, alamat 192.168.1.10
 
Setiap pengguna memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung dengan internet, dan perusahaan swasta juga mengandalkan internet. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk menghemat bandwidth alamat IP dan memperlambat penipisan alamat IP. Misalnya variable-length mask, network address translation, port address translation, classes, dan inter-domain translation.

Metode-metode tersebut mengubah IP publik menjadi IP pribadi sehingga pengguna yang memiliki IP publik juga dapat menggunakan internet

Namun, metode-metode tersebut tidak begitu efisien, sehingga memunculkan pengembangan alamat IP generasi berikutnya, yaitu IPv6.

IP versi 6.
 
Dari penjelasan di atas telah nampak titi terang, bahwa untuk memenuhi kebutuhan internet masa depan, maka disiapkanlah IPV6 menggunakan alamat heksadesimal 128-bit. IPv6 menyediakan ruang alamat yang besar, dan berisi header paket yang lebih sederhana dibandingkan dengan IPv4.
 
Artinya IPv6 jauh lebih besar dari IPv4 atau empat kali libat lebih basar dari IPv4. (F.Azim)
 

Load comments

0 Comments