Perbedaan Modul dan Media Pembelajaran

Perbedaan Modul Ajar dan Media Pembelajaran, adapun artikel ini ditujukan untuk Mahasiswa yang sedang malakukan riset Tugas Akhir agar lebih paham dengan Perbedaan Modul dan Media pembelajaran.


 

Kita akan lihat satu per-satu Pengertian Modul dan Media menurut para Ahli :

Modul Menurut Ahli

Menurut Daryanto (2013: 9), modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, di dalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul minimal memuat tujuan pembelajaran, materi/substansi belajar dan evaluasi. Modul berfungsi sebagai sarana belajar yang bersifat mandiri, sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan masing-masing.

Sedangkan menurut Nasution (2011: 205), modul merupakan suatu unit yang lengkap yang berdiri sendiri dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu pelajar dalam
mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas.

Media Menurut Ahli

Menurut (Syaiful bahari Djamarah dan Azwan Zain, 2020:121) Media pembelajaran adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan agar tercapai tujuan pembelajaran. 

Sedangkan menurut (Ashar ,2011) Mengatakan media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik didalam maupun diluar kelas, lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. 

Menurut (Fatria, 2017:140) Media pembelajaran adalah alat bantu pada proses pembelajaran.

Dari beberapa pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran merupakan alat bantu atau perantara yang digunakan untuk menyalurkan informasi atau pesan serta mendorong siswa pada
kondisional tertentu dalam melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan Modul Pembelajaran adalah suatu kesatuan yang utuh yang berdiri sendiri dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar, minimal memuat tujuan pembelajaran, materi/substansi belajar dan evaluasi. yang disusun untuk membantu pelajar dalam mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas.

Selain sebagai alat perantara media pembelajaran juga ditujukan untuk membantu merangsang minat siswa dalam melakukan kegiatan belajar. Media pembelajaran merupakan komponen sumber belajar yang mengandung unsur instruksional untuk merangsang siswa untuk belajar. Sehingga efektifitas dan tujuan belajar dan pembelajaran akan terca

Contoh : media adalah microsoft powerpoint, aplikasi, dan sejenisnya.

Load comments

0 Comments