Kecepatan Pemrosesan Komputer dan Pengertian Clock Speed pada CPU

Kecepatan Pemrosesan Komputer dan Pengertian Clock Speed pada CPU
Apa itu Clock Speed CPU ..? 

Setiap pengguna komputer pasti mengidamkan komputer yang cepat dan anti lemot baik ketika digunakan browsing maupun digunakan mengakses aplikasi. Dalam hal mengakses aplikasi terdapat beberapa faktor baik hardware maupun software dari komputer tersebut. Seringkali pengguna juga mengabaikan pengertian Clock speed pada CPU.

Sehingga ketika terjadi masalah pengguna hanya kebingungan sendiri tanpa tau penyebab dari kelemotan atau keleltan yang terjadi pada komputernya.

Seringkali kita menganggap bahwa CPU merupakan otak dari komputer, padahal analogi tersebut merupakan analogi yang kurang tepat. CPU dalam komputer bagaikan otot bila dalam tubuh, sedangkan otaknya adalah prosesor. Begitu juga dalam mobil, CPU merupakan rangka mesin sedangkan inti mesin adalah prosesornya.

Komputer lemot menjadi permasalahan klasik, banyak faktor yang dianggap mampu memengaruhi hal tersebut. RAM biasanya menjadi kambing hitam apabila terjadi lelet atau kelemotan pada komputer. Padahal hal tersebut bukan kondisi satu-satunya yang memengaruhi kelemotan pada komputer.

Pengertian Clock speed pada CPU
Kecepatan komputer dalam mengakses aplikasi berpengaruh pada kinerja komputer dalam mengelola data maupun informasi. Sehingga berdampak pula pada kegiatan menusia atau pengguna komputer tersebut.

Ketika komputer sedang menjalankan aplikasi terjadi perhitungan-perhitungan di dalam otak komputer. Semakin cepat perhitungan yang dilakukan maka semakin cepat pula komputer dapat mengolah perintah atau data yang manusia gunakan atau butuhkan.

Mengetahui berbagai fitur dan istilah-istilah dalam komputer sangatlah penting bagi para pengguna komputer. Namun seringkali pengguna komputer tidak perduli dengan istilah-istilah dasar. Padahal istilah tersebut merupakan pengetahuan dasar bagi para pengguna komputer.

Bagi pengguna komputer mungkin masih asing dengan istilah clock speed, istilah tersebut digunakan untuk melihat satuan kecepatan pengaksesan aplikasi oleh CPU dengan satuan megahertz bahkan gigahertz. 1MHZ sama dengan 1 juta siklus perdetik. Sedangkan 1 gigahertx sama dengan 1 miliar siklus yang terjadi di CPU atau prosesor perdetik.

Semakin banyak bit yang dihasilkan atau semakin cepat clock speed pada komputer maka semakin banyak data yang diolah atau diangkut sehingga berdampak pada kinerja prosesor yang semakin maksimal atau semakin cepat memproses atau mengolah melalui aplikasi.

Dengan mengetahui pengertian clock speed pada CPU kita dapat mengetahui  seberapa cepat atau performa komputer yang kita miliki. Jadi ketika terjadi keleletan kita dapat menganalisis penyebab dari kondisi tersebut.

Metadeskrip : Clock speed merupakan cara untuk mengetahui kecepatan pemrosesan data pada CPU, Clock speed digunakan untuk melihat satuan kecepatan pengaksesan pada komputer.

*** Fandi Media ***

0 Response to "Kecepatan Pemrosesan Komputer dan Pengertian Clock Speed pada CPU"

Post a comment