Maksud dari 10 dan 14 nm ada Processor serta Kaitannya dengan Fabrikasi

Maksud dari 10 dan 14 nm ada Processor Intel
Apa Kaitannya dengan Fabrikasi.?

Biasanya kita melihat pada sepsifikasi processor terdapat tulisan 14nm atau 10nm, namun apakah kita mengetahui maksud dari 10mm dan 14 nm pada processor yang kita miliki?. Istilah atau skala yang digunakan dalam melihat ukuran prosesor adalah nanometer.

Dalam hal ini satuan nanometer dalam prosesor merupakan ukuran transitor yang terdapat dalam CPU itu sendiri.

Logikanya semakin kecil ukuran transitor maka semakin cepat listrik dapat dialirkan dan semakin efisien pula proses yang ada dalam CPU sehingga mampu meningkatkan performa komputer sekaligus menghemat daya baterai yang digunakan.

Berikut penjelasan satuan ukuran pada processor:

Fabrikasi Prosesor Adalah
Apakah anda mengetahui apa itu fabrikasi? Dan apa kaitannya fabrikasi dengan perangkat proses atau prosesor?. Fabrikasi secara bahasa berarti pembuatan produk dengan menggabungkan berbagai item tertentu dijadikan satu komponen atau rangkaian dengan standart proses dan standart produk tertentu.
Lalu apa kaitan antara fabrikasi dengan prosesor?. Prosesor dalam pembuatannya merupakan gabungan dari berbagai macam bahan dan komponen sehingga dapat membentuk satu barang utuh yaitu prosesor.

Seringkali yang kita lupa sisi lain fabrikasi selain hanya merangkai komponen adalah bagaimana menciptakan produk yang baru dan lebih efisien dari sisi kinerja dibanding produk-produk sebelumnya. Nah, dalam perkembangan prosesor tentu tahap lanjut atau inovasi prosesor harus melawati tahap fabrikasi agar generasi baru prosesor mampu menjawab tantangan perkembangan zaman.

Masyarakat sekarang tentu sangat mengidam-idamkan akses aplikasi yang cepat pada perangkat yang dimilikinya. Kebutuhan tersebut dijawab dengan fabrikasi baik dari sisi ukuran, bahan yang digunakan, serta menggunakan teknik apa dalam pembuatan prosesor tersebut.

Nano Meter / Nm adalah
Selama ini kita mengetahui istilah CPU, prosesor, chipset, dan perangkat keras pemrosesan yang lain pada komputer tanpa tau bagaimana proses pembuatan atau perkembangannya. Bahkan bagian kecil dalam komputer seperti chipset tanpa kita tau ternyata membutuhkan beragam proses dan tahapan dalam membuatnya.

Tuntutan pasar mengharuskan produsen teknologi membuat terobosan baru secepat dan seinovatif mungkin. Karena persaingan pasar semakin ketat apa lagi pada bidang teknologi, menjadikan pertumbuhan atau inovasi baru sengat cepat terjadi dan otomatis membuat mekanisme siapa yang kurang up date maka tidak akan diminati lagi.

Satuan ukuran pada processor disebut nanometer, yang dalam hal ini semakin kecil ukuran processor dianggap semakin bagus dan semakin cepat dalam menghantarkan implus data sehingga kinerjanya main efektif

Singkat kata maksud dari 10 nm dan 14 nm pada processor merupakan satuan ukuran dari processor tersebut, yang memiliki pengaruh pada tingkat efisiensi kinerja processor.

Jadi Intinya. Nanometer (NM) merupakan satuan ukuran dari processor. Semakin kecil ukuran maka semakin efisien pula minerja processor. Jadi, 10 nm jelas lebih baik dibandingkan 14 nm. 


10 Nm pada Processor Snapdragon Oppo
14 Nm Pada Processor Laptop

Processore Intel Skylake 14 Nm +
*** Fandi Media ***

0 Response to "Maksud dari 10 dan 14 nm ada Processor serta Kaitannya dengan Fabrikasi"

Post a Comment