Apa Maksud Core Dan Threads Pada Processor

Apakah Maksud Core & Threads Pada Processor
Apa Itu Core dan Treads


Prosesor merupakan inti dari komputer. Prosesor menjadi penentu jalan pengoperasian dalam komputer. Prosesor juga menjadi salah satu faktor kecepatan pemrosesan pada komputer. Dalam dunia IT tentu kita sudah tidak asing dengan istilah core dan threads. Pada artikel ini kita akan mengulas maksud core dan threads pada processor.

Pengertian Ghz pada Processor Klik Disini


Ketika membaca riview pada prosesor seringkali kita menjumpai istilah tersebut. Apakah anda mengetahui arti dari 2 istilah tersebut?. Jika di analogikan core merupakan bosnya sedangkan Thread merupakan jaringan, alur, atau anak buah guna mendukung kinerja dari prosesor.

Sebelum adanya teknologi tersebut, masyarakat menilai baik atau kurang baiknya prosesor adalah menggunakan jenis prosesornya saja. Sekarang setelah adanya sistem thread, prosesor tidak hanya dilihat dari sisi core nya saja. Melainkan dari sisi thread nya juga. Karena memang thread mampu menambah performa core dan prosesor itu sendiri.

Dewasa ini banyak ditemukan produsen-produsen prosesor yang berlomba-lomba membuat prosesor dengan se efisien mungkin. Baik dari segi bahan dan pemakaian. Terobosan terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhaan konsumen yang semakin mendambakan kecepatan ekstra pada perangkatnya.
Maksud core dan threads pada processor itu apa?

Sebuah prosesor pasti memiliki core, istilah ini sendiri berarti unit proses untuk membaca perintah yang dilakukan pengguna terhadap komputernya. Seluruh kinerja atau instruksi yang dilakukan user memang harus dibaca terlebih dahulu oleh komputer, kemudian ditampung, sebelum selanjutnya perintah tersebut akan dijalankan real time oleh komputer.

Pada masa ini kebanyakan satu cpu memiliki lebih dari satu core. Karena memang kebutuhan pasar yang semakin berkembang dan membutuhkan teknologi atau komputer yang selain canggih juga cepat dan dapat mengakases maupun mengolah data secara bersamaan.

Penjelasan Octa Core 2 Ghz Klik Disini

Core sendiri memiliki tahapan-tahapan proses. Proses pertama yaitu fetch, pada fase ini core pada prosesor menunggu untuk menerima perintah atau instruksi. Selanjutnya adalah proses coding atau decode, berlanjut pada execute, dan terkahir writeback.

Thread sendiri adalah jaringan sistem pendukung dari core prosesor. Thread berfungsi sebagai mekanisme penghubung, pembantu, serta jaringan data untuk diproses atau masuk pada core.

Siklus-siklus diatas disebut siklus instruksi, dimana siklus instruksi terjadi sangat cepat. Begitu juga tangkapan data atau instruksi oleh prosesor terjadi sangat cepat. Dengan mengerti bagian-bagian dari processor termasuk tentang  maksud core dan threads pada processor maka pengguna dapat lebih tahu sepsifikasi pada komputer yang digunakan.

CORE VS THREADS  Mana yang lebih Baik diperhatikan
Apa Itu Core dan Threads . . ?

 Jadi Intinya, Core dan thread adalah bagian pada processor yang berfungsi sebagai penambah peeforma kecepatan processor, Core merupakan unit proses pembaca inturksi, sedangkan thread merupakan bagian penghubungnya.”

Processor 2 Core dan 4 Threads Artinya adalah..?
*** Fandi Media ***

1 Response to "Apa Maksud Core Dan Threads Pada Processor"