Perbedaan Processor Intel Kabylake dan Skylake

Perbedaan Processor Intel Kabylake dan Skylake
Beda Processor Skylake dan Kabylake 

Dunia teknologi selalu memberikan gebrakan baru bagi para penggunanya, setelah muncul generasi prosesor Skylake, kini muncul generasi selanjutnya yaitu Kabylake. 2 generasi prosesor tersebut merupakan terobosan baru di bidang teknologi Intel. Namun apakah kita tahu perbedaan processor Intel Skylake dan Intel Kabylake secara keseluruhan?

Perkembangan yang terjadi pada processor salah satunya adalah segi kecepatan aksesnya, apakah anda pernah membayangakan bagaimana komputer mampu melayani keinginan kita untuk mengakses berbagai aplikasi dalam sekali waktu?, bagaimana komputer mampu menjalankan berbagai perintah dalam sekali waktu?

Berbagai contoh tersebut merupakan contoh kegunaan atau fungsi dari prosesor. Perkembangan selanjutnya muncul  jenis prosesor baru,yaitu Kabylake. Generasi ke 7 dari intel prosesor ini menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm dan mendukung penggunaan RAM DDR4- 2400 yang merupakan kelanjutan dari jenis prosesor sebelumnya yaitu Skylake.


Maksud Core dan Treadh Pada Processor

Terdapat beberapa perbedaan dari processor Kabylake dan Skylake sebagai berikut:

Ukuran nanometer
Para pengguna prosesor Intel banyak yang menganggap munculnya prosesor Kabylake tak ubahnya sama dengan tipe sebelumnya Skylake. Karena masih menggunakan fabrikasi 14 nm. Namun dari pihak produsen yang dalam hal ini adalah Intel Indonesia menolak anggapan tersebut dengan menganggap prosesor generasi ke-7 ini menggunakan fabrikasi 14nm+.

Kecepatan akses data
Dengan kemampuan fabrikasi tersebut tentu akan menghasilkan kecepatan akses processor Kabylake menjadi lebih cepat dari tipe prosesor sebelumnya.

Penggunaan daya baterai lebih hemat
Pada generasi prosesor sebelumnya seringkali kita merasakan baterai yang cepat habis ketika kita sedang menjalankan aplikasi yang banyak memakan RAM.

Pada prosesor Kabylake karena terdapat fitur improvisasi terhadap media engine yang tinggi menjadikan prosesor ini mampu menghemat daya baterai pada komputer. Kondisi ini pernah di uji cobakan ketika peluncurannya pada tahun 2017, dimana pada komputer yang menggunakan prosesor Kabylake diputar video dengan resolusi 4K@60FPS.

Terlihat bahwa utilitas penggunaan CPU yang biasanya mencapai 50-70% mampu dioptimalkan bahkan sampai 5-10%. Kemajuan ini tentu membuat optimal penggunaan daya baterai dan sangat memungkinkan untuk pengguna komputer dapat menjalankan aplikasi-aplikasi lain secara bersamaan.

Responsibilitas
Intel juga meluncurkan Intel Optane Technology. Tentunya teknologi ini hanya mampu digunakan pada prosesor Kabylake dan tidak mampu digunakan di Skylake, chipset motherboard 200, sistem M.2 yang sudah mendukung, dan tentunya dengan update BIOS terbaru. Sehingga Kabylake dianggap lebih responsive dari pada skylake.

Berbagai sepsifikasi perbedaan processor Skylake dan Kabylake membuktikan bahwa kabylake merupakan processor generasi setelah skylake dan memiliki beberapa keunggulan dari generasi sebelumnya.


2 Generasi Prosesor Cepat Indonesia

Jadi Intinya Perbedaan prosesor Intel Kabylake dan Skylake terletak pada fabrikasinya, Skylake masih menggunakan fabrikasi 14nm sedangkan Kabylake sudah menggunakan fabrikasi 14nm+ dan berpengaruh pada kecepatannya
*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Processor Intel Kabylake dan Skylake"

Post a comment