Perbedaan Intel Kaby Lake dan Caffee Lake

Kabylake dan Caffee Lake, Mana yang Lebih Baik?
Uji Kemampuan Processor Intel antara Skylake, Kabylake, dan Caffee Lake 
Perbedaan Processor Intel Gen 8 dan Gen 7

Intel sebagai developer processor kenamaan dunia telah memiliki 8 generasi processor. Kedelapan generasi tersebut berkembang seiring dengan berbagai inovasi yang ada di ranah teknologi multimedia. Perkembangan kedua bidang tersebut harus berjalan beriringan, karena keduanya saling terkait satu sama lain.

Perbedaan Kabylake dan Skylake Disini

Processor terbaru intel pada generasi kedelapan diberi nama.coffe lake. Generasi ini hadir sebagai bentuk perbaikan dan perkembangan processor intel pada generasi sebelumnya, yakni kabylake. Kendati demikian, terdapat beberapa perbedaan processor kabylake dan caffee lake yang cukup signifikan.

Sebelum peluncuran caffee lake, beberapa spekulasi mengatakan bahwa motherboard kabylake dan caffee lake tidak kompatibel. Maksudnya, motherboard yang dapat dipasangi processor kabylake belum tentu bisa dipasangi caffee lake.

Perbedaan Mendasar Processor Kabylake dan Caffee Lake 

Berikut adalah review kedua produk yang akan menunjukkan perbedaan processor kabylake dan caffee lake yang perlu anda ketahui :

1. Kabylake.
  • Kabylake dibuat dengan proses fabrikasi 14nm+. Proses tersebut membuat kinerjanya meningkat cukup signifikan tanpa adanya peningkatan penggunaan daya. Melihat komputer bekerja lebih optimal tetapi baterainya tetap irit tentunyae menjadi kesenangan tersendiri bagi pengguna.
  • Memiliki 2 pilihan CPU core. Kabylake dengan 2 core diciptakan untuk processor dengan kode huruf U dan Y. Sementara yang 4 core diterapkan pada processor berkode huruf H, HK dan HQ yang biasa menjalankan operasi kelas tinggi. 
Maksud dari 14 nm dan 14 nm plus pada Processor

2. Caffee Lake.
  • Bila Kabylake telah mantap menggunakan fabrikasi 14nm+, maka pada caffee lake intel memutuskan untuk kembali ke 14nm. Proses fabrikasi tersebut sama dengan yang ditemukan pada processor intel generasi kelima dan juga yang keenam. Namun peningkatan di lini lain membuat performanya tak kalah dengan Kabylake.
  • Cofee Lake mengalami penambahan 2 core pada masing masing processor yang peruntukan kode hurufnya berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja, terutama ketika menjalankan operasi multi tasking. 

Perbedaan lain pada kabylake dan caffee lake tak terlalu nampak signifikan. Pada akhirnya semua tergantung juga pada jenis komputer atau laptop yang digunakan.

Apa itu Intel dengan Processor Gen ke 8
*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Intel Kaby Lake dan Caffee Lake"

Post a comment