Perbedaan Processor DualCore, QuadCore, HexaCore, dan Octa Core

Perbedaan Single Core, Dual Core, Quad Core, Hexa Core, OctaCore dan Deca Core
Apa itu Core pada Laptop, Komputer dan Smartphone 


Kita mengenal Processor yang mana artinya adalah Otak dari sebuah perangkat Komputer ataupun Smarphone. Banyak sekali yang mempengaruhi kecepatan sebuah Processor. Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas apa Itu GHz. Core, Threads, dan juga membahas Generasi generasi pada Processor Intel maupun Processor Smartphone baik itu dari Qualcomm Snapdragon, MediaTek, ataupun Exinos.

Beberapa yang hal yang mempengaruhi sebuah kecepatan Processor tersebut akan saya ulas kembali di Artikel ini secara Ringkas.

Pertama adalah Ghz. Ghz itu sebenarnya adalah sebuah satuan yang menjelaskan kecepatan  (Clock Speed) Sebuah Processor, di dalam sebuah Laptop dan Smartphone. Ghz ini biasanya diawali dengan Angka contohnya 1.2 Ghz, 1.4 Ghz 2.0 ghz, 3.0 Ghz, 3.2 Ghz, 3.4 Ghz dan lainya. Semakin besar angka diawal sebelum Ghz tersebut maka semakin Bagus Kecepatan Processornya.

Selanjutnya Core dan Threads
Core sendiri memiliki tahapan-tahapan proses. Proses pertama yaitu fetch, pada fase ini core pada prosesor menunggu untuk menerima perintah atau instruksi. Selanjutnya adalah proses coding atau decode, berlanjut pada execute, dan terkahir writeback. Semakin Banyak Core boleh jadi semakin banyak

Setiap “core” pada CPU sebenarnya adalah sebuah CPU terpisah, dan merupakan bagian dari CPU itu sendiri yang bekerja saling berdampingan. Contoh CPU dengan dual core sebenarnya bisa dikatakan sebagai 2 CPU. Jadinya, jika anda membeli CPU dengan dual core, maka sebenarnya anda telah membeli 2 CPU sekaligus dalam satu chip CPU.

Dan bukan berarti juga CPU dengan dual core akan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan yang single core. Yang jelas CPU dengan Dual Core tentunya lebih cepat dari pada Single Core. Istilah Core ini juga dikenal pada Processor Komputer, Laptop seperti Intel dan Processor Smartphone seperti Qualcomm Snapdragon, MediaTek, dan Exinos.

Sedangkan Thread sendiri adalah jaringan sistem pendukung dari core prosesor. Thread berfungsi sebagai mekanisme penghubung, pembantu, serta jaringan data untuk diproses atau masuk pada core.

Contoh : Processor dengan 4 Core dan 4 Threads Artinya 1 Core Memiliki satu Threads atau satu Jalur. Sedang Processor dengan 4 Core dan 8 Threads maka 1 Core memiliki 2 Threads, Jalur atau yang lebih dikenal dengan Untaian.


Maksud QuadCore dengan Clock Spedd 1.2 Gh dan Octacore 2.0 Ghz
Nah Berikut kita Masuk kepembahasan Pokok.
Yaitu apa perbedaan Core, Dual Core, Quad Core, Hexa Core atuapun Octa Core.

  1. Core atau Single Core 1 Inti Processor pada 1 Processor Utama.
  2. Dual Core artinya dalam satu Processor Utama terdapat 2 Inti Processor. 
  3. Quad Core artinya dalam satu Processor Utama terdapat 4 Inti Processor.
  4. Hexa Core artinya dalam satu Processor Utama terdapat 6 Inti Processor. 
  5. Octa Core artinya dalam satu Processor Utama terdapat 8 Inti Processor.
  6. Deca Core artinya dalam satu Processor Utama terdapat 10 Inti Processor.
  7. Dll
 Contoh :
Sekarang ada sebuah Processor Smartphone yang terdiri dari Quad Core atau Empat ini Processor, dan Clock Speed 2.0 Ghz. artinya bukan ke-empat Inti Processor tersebut memiliki Kecepatan 2.0 Ghz. Namun ini adalah Kecepatn / Clock Speed Maksimal yang dapat dihasilkan oleh Sebuah Perocessor.

Ketahui Juga Fabrikasi 10 Nm dan 14 Nm pada Sebuah Processor Intel, Qualcomm, MediaTek dan Exinos


*** Fandi Media ***

0 Response to "Perbedaan Processor DualCore, QuadCore, HexaCore, dan Octa Core"

Post a comment