Pengertian Cloud Storage, Karakteristik, dan Fungsinya

Pengertian Cloud Storage, Karakteristik, Fungsi,  
Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya yang Belum Dimengerti Banyak Orang

Pengertian cloud storage, karakteristik, fungsi,  cara kerja, kelebihan dan kekurangannya 

Pada zaman sekarang memang segalanya serba canggih. Teknologi dan perangkat semakin banyak diciptakan dan mempermudah manusia untuk bisa mengerjakan pekerjaannya.Salah satunya adalah Cloud Storage.

Pengertian cloud storage adalah jenis teknologi baru di mana perangkat ini berguna sebagai media penyimpanan yang memanfaatkan awan ataupun internet sebagai pusat ataupun server untuk software-software lain. Biasanya perangkat ini ditemukan pada smartphone atau komputer milik Anda dan Perangkatlainya yang menggunakan Internet.

Jadi, Anda hanya memerlukan smartphone atau komputer dan koneksi internet untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Jika berbicara masalah internet, tentu tidak asing dan mudah.

Karakteristik Cloud Storage
Setelah kita mengetahui cloud storage itu seperti apa, lalu bagaimanakah karakteristik Cloud storage ini. karakteristik yang ditampilkan dari cloud storage adalah metode penyimpanannya. Berbeda dengan memory card, media penyimpanan ini memang bisa bekerja apabila terkoneksi dengan internet.

Entah itu internet yang berasal dari paket data, WiFi ataupun yang lainnya. Jadi, dengan perangkat ini smartphone Anda tidak berat karena dengan menguploadnya, Anda berarti menyimpan data tersebut dan menghilangkannya dari memory card. Sementara jika ingin digunakan lagi, Anda hanya tinggal mendownloadnya dan data tersebut bisa digunakan lagi. Mudah dan praktis adalah karakteristik dari aplikasi ini.

Fungsi dan Cara Kerja Cloud Storage Secara Sederhana
Dari pengertian yang sudah dijabarkan dari cloud storage, tentu kita sudah mengira bagaimana fungsi dan cara kerja cloud storage sendiri. Jika kita pahami berdasarkan pengertian fungsi dan cara kerja cloud storage sebenarnya mudah dan praktis karena bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Fungsi utamanya memang sebagai media penyimpanan suatu data. Katanklah media yang biasa digunakan sebagai penyimpanan adalah google drive dan dropbox. Nah, kedua media tersebut masuk ke jenis cloud storage karena bisa menyimpan data dengan mudah dan tidak ribet.

Cara kerjanya yang pertama adalah Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu untuk menyimpan data Anda di sana. Pilih salah satu google drive ataupun dropbox. Nanti Anda bisa upload data Anda ke server yang dimaksud untuk menyimpan data-data yang Anda inginkan. Anda tidak usah khawatir apabila server mengalami down karena data tidak mungkin hilang begitu saja. Anda bisa mengaksesnya kembali jika server kembali normal.

Fungsi dan cara kerja cloud storage memang sengaja dibuat dengan mudah agar para penggunanya pun tidak mengalami kesulitan saat mengaksesnya. Lalu, apakah cloud storage mempunyai kapasitas memory yang terbatas? Ya, kapasitasnya cukup terbatas jika Anda menggunakannya dengan akun gratis. Berbeda jika Anda menggunakan akun berbayar, maka kapasitasnya cukup besar.

Kelebihan Cloud Storage Sebagai Server Penyimpanan
Dari fungsi dan cara kerja yang mudah, tentu ada kelebihan dan kekurangan dari cloud storage ini. Kelebihan dan kekurangan dari server ini sudah sangat jelas. Untuk kelebihan :

  • Yang pertama, cloud storage dapat menjadi back-up data penting. Jadi, apabila Anda takut jika data Anda hilang bila terus-terusan disimpan pada flashdisk ataupun laptop, Anda bisa menyimpannya ke salah satu aplikasi cloud storage ini. Kemudian, bisa di saat akan dibutuhkan, tinggal mengunduhnya.
  • Kedua, cloud stirage dapat digunakan sebagai ajang kolaborasi. Jadi, Anda bisa saling bertukar ide dan pikiran dengan teman kantor untuk membahas suatu pekerjaan agar cepat selesai.
  • Ketiga, kelebihan storage ini bisa dibagikan ke yang lain. Jadi, apabila teman Anda ada yang ingin file Anda dan tidak bisa datang ke rumah Anda, tinggal bagikan saja link file Anda kepada teman dan mereka bisa mengunduhnya melalui 4shared atau mediafire. Mudah, bukan? Karena kemudahan inilah semua jadi menikmatinya.
Demikianlah kelebihan cloud storage yang bisa Anda ketahui. Yang terpenting, jika file yang amat sangat penting dan rahasia jangan sampai disimpan di cloud storage dulu. Karena dikhawatirkan Cloud Storage ini dapat di Bobol oleh pihak yang tidak bertanggung Jawab.

Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage.
*** Fandi Media ***

0 Response to "Pengertian Cloud Storage, Karakteristik, dan Fungsinya"

Post a comment