Kecepatan RAM DDR4 RAM yang cocok untuk berbagai Kondisi Agustus 2022 !

 

Frekuensi RAM pada sebuah device komputer maupun laptop sangat mempengaruhi kecepatan dari sebuah laptop  tersebut, jika frekuensinya makin tinggi dan stabil maka kecepatan dari RAM tersebut akan jadi lebih bagus dan baik.

Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data jangka pendek yang diperlukan PC untuk beroperasi dengan baik. Tetapi tidak seperti hard disk drive atau SSD (solid-state drive), yang menyimpan data tanpa batas waktu dan bisa menyimpan banyak file didalamnya, RAM melakukan reset tiap kali sistem mengalami reboot. RAM adalah "memori volatil", yang berarti RAM hanya menyimpan data saat memiliki daya atau tegangan listrik yang sedang dihidupkan, kebalikan dari HDD atau SSD yang "non-volatil". Program dimuat ke RAM untuk sementara ketika digunakan, namun berada dalam drive penyimpanan secara permanen (hingga dihapus).

Apa maksud fitur Extended RAM?

Komputer memerlukan akses cepat ke data sementara untuk menjalankan program dan melaksanakan tugas. PC gaming modern, misalnya, perlu mengambil aset karya seni dengan cepat. Game membaca dan menulis data ke RAM karena tingkat kecepatannya lebih tinggi daripada mengakses data ke perangkat penyimpanan.

Komponen RAM merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada sebuah laptop, semakin tinggi frekuensi RAM nya dan juga semakin tinggi kapasitas RAM nya seperti 8GB RAM keatas maka kecepatan dan performa yang diberikan tentunya akan jadi jauh lebih ampuh dan kuat.

Meskipun sekarang sudah muncul RAM DDR5 yang mana merupakan RAM kelas atas dan performa dan frekuensinya jadi lebih cepat, tetapi harganya juga masih sangat tinggi dan mahal, dan tentunya harus mengikuti mesin motherboard dan prosessornya yang setara dan sama kuatnya agar bisa dapat berjalan dengan baik.

Penggunaan pemilihan RAM harus dilakukan dengan sesuai dan compatible antara prosessor dan frekuensi RAM nya.DDR4 adalah singkatan dari "Double Data Rate 4”, dan merupakan generasi keempat dari teknologi DDR, yang menggantikan SDRAM SDR (Single Data Rate). DDR4 memiliki tingkat transfer data yang lebih cepat, kapasitas yang lebih besar, dan voltase lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.Jika Anda sedang merakit PC baru atau meningkatkan RAM dalam sistem yang relatif baru, Anda mungkin akan menggunakan standar saat ini dari SDRAM DDR4.

RAM DDR4 Tidak akan bisa di gunakan pada seri motherboard yang masih menggunakan RAM DDR3, karena soket input RAMnya berbeda dan juga jika ingin dipaksa untuk digunakan maka tidak akan bisa menjalankan sebuah komputer dengan baik.RAM DDR4 memiliki frekuensi minimal 1600 Mhz sampai 3200 Mhz. Namun, yang sering dibeli atau yang diminati banyak orang adalah mulai dari fekuensi 2133 Mhz, 2400 Mhz, hingga 2666 Mhz,Kecepatan RAM DDR4 dimulai di sekitar 1600MHz, namun kecepatan ini dianggap lambat oleh standar saat ini. Prosesor Intel® Core™ i9-10900, misalnya, mendukung 2933 MHz.

Namun pada tahun 2022 Ini kebanyakan PC atau laptop yang menggunakan seri RAM DDR4 sudah merata pada frekuensi 3200 Mhz, yang dimana kecepatannya sudah lebih cepat dan lebih stabil dan hal ini juga masih cukup kuat untuk digunakan pada beberapa tahun kedepan karena kecepatannya memang sudah cukup untuk menunjang berbagai aktivitas digital yang diperlukan meskipun sekarang sudah ada RAM DDR5 yang kecepatannya lebih jauh diatas dan lebih cepat hingga sampai frekuensi 4800Mhz lebih, namun tidak masalah jika masih menggunakan RAM DDR4.

Nah begitulah Pembahasan mengenai kecepatan RAM DDR4 dan juga beberapa frekuensi yang dimilikinya, RAM DDR4 masih cukup bagus jika digunakan pada tahun 2022 ini hingga beberapa tahun kedepannya karena memang masih cukup bagus, walaupun sudah rilis RAM terbaru yaitu RAM DDR5 yang jauh lebih cepat tetapi karena masih baru tentunya harganya lebih mahal dan harga RAM DDR4 akan jadi lebih stabil dan lebih murah karena hadirnya jenis RAM terbarunya, masih worth it jika menggunakan RAM DDR4 saat sekarang ini dan semoga bermanfaat.

(L.Ahm)

Kamis,25 Agustus 2022


*** Fandi Media ***

0 Response to "Kecepatan RAM DDR4 RAM yang cocok untuk berbagai Kondisi Agustus 2022 !"

Post a Comment