6 Software Alternatif Pengganti Microsoft Word

6 Software Alternatif Pengganti Microsoft Word


Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi Microsoft Office yang paling sering digunakan untuk mengelola dokumen atau kata. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan ada didalam paket Microsoft Office buatan Microsoft. Selain Micosoft Word, terdapat beberapa software alternatif yang memiliki kinerja yang serupa. Diantaranya adalah Zoho Docs, Libre Office, Polaris Office, Google Docs, WPS Office, SoftMaker FreeOffice, Neo Office, Etherpad, Word Pad, Open Office, dll.
Macam-macam software pengganti Microsoft Word

•    Libre Office
Libre Office merupakan aplikasi Office Suite berbasis freeware, open source, dan terdiri dari pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan tersedia dalam 110 bahasa. Aplikasi ini diberikan secara gratis, fitur tampilannya yang selalu baru / banyak inovasi, dan dapat digunakan seumur hidup di perangkat lainnya seperti Windows dan MacOS. Libre Office memiliki 6 buah fitur yang ada didalam paket softwarenya, yaitu Writer, Calc, Impress, Draw, Math, dan Base.

•    Polaris Office
Polaris Office merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Infraware.Inc dan diberikan secara gratis. Fitur tampilan pada aplikasi ini sudah sangat modern dan minimalis sehingga user mudah untuk menggunakannya. Polaris dapat digunakan untuk mengedit file yang berasal dari Microsoft Office dan juga file berformat TXT dan PDF.

•    Google Docs
Google Docs merupakan aplikasi pengembangan office berbasis web based buatan Google yang memiliki paket utama yaitu Docs, Sheets, dan Slides. Meskipun google docs hanya bisa digunakan secara online melalui website, akan tetapi aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu hasil pekerjaan user akan secara otomatis tersimpan dalam Google Drive sehingga user bisa membuka hasil pekerjaan di perangkat lain dengan mudah dan cepat. Google Docs dapat digunakan untuk PC lewat Google Chrome, Android, dan iOS.

•    WPS Office
WPS Office merupakan software yang awalnya bernama Kingsoft Office yang dikembangkan oleh perusahaan Kingsoft di China. Kelebihan dari software ini adalah WPS Office 100% gratis dan tampilannya cukup elegan seperti software berbayar. 3 paket utama dalam software ini yaitu WPS Writer, WPS Presentation, dan WPS Spreadsheet. WPS Office tersedia untuk perangkat Windows, MasOS, Linux, dan Android.

•    SoftMaker FreeOffice
SoftMaker FreeOffice merupakan salah satu software yang sudah termasuk TextMaker, PlainMaker, dan Presentations. Apliasi ini dikembangkan untuk Windows dan Linux serta menawarkan versi dasar untuk pengguna Android. Kelebihannya adalah sudah support format file terbaru *Docx Microsoft Office 2007, 2010, dan 2013. Selain itu, software dapat langsung digunakan untuk membuat file berupa PDF.

•    Zoho Docs
Zoho Docs merupakan sebuah layanan berbasis web yang terdiri dari beberapa aplikasi seperti Documents, Spresdsheets, dan Presentations. Kelebihan dari layanan ini yaitu menyediakan penyimpanan cloud yang cukup besar yaitu sebesar 5 GB.


*** Fandi Media ***

0 Response to "6 Software Alternatif Pengganti Microsoft Word"

Post a Comment