Cara Berbagi File di Google Drive agar di dapat Akses Publik

 Google memiliki aplikasi yang membantu kita untuk berbagi dokumen, file, dan folder secara online. Kita dapat mengunggah semuanya ke Google Drive hanya dalam hitungan menit. Google Drive merupakan sebuah layanan tempat penyimpanan data secara online menggunakan akun Gmail. Selain arsip yang berbentuk dokumen, Google Drive juga dapat menyimpan arsip yang berupa video, gambar, musik, PDF dan lain-lain. Dengan bantuan Add-On, kita juga bisa mengedit file-file lain secara langsung semisal script bahasa pemrograman. Selain dapat menyimpan berbagai macam bentuk arsip Google Drive juga bekerja secara retrieval system yaitu dapat ditemukan kembali serta dapat diakses sewaktu-waktu tanpa memerlukan hardware yang sama pada saat menyimpannya.

Layanan penyimpanan Google Drive yang berbasis cloud ini dapat digunakan melalui PC atau laptop maupun smartphone dalam beberapa platform seperti Windows, Mac, iOs, Android dan iPhone.

Dengan adanya Google Drive ini, Anda dapat mengakses dan membuka file di mana saja. Anda juga dapat berbagi file atau dokumen kepada teman Anda dengan menggunakan fitur share link pada Google Drive ini. Seperti yang dijelaskan pada judul di atas, bagaimana cara Berbagi file yang baik dan Benar. Tujuannya agar kawan kita untuk berbagi dapat mengakses file kita tersebut. Karena dalam Berbagi file di Google Drive ini memiliki banyak Hak Akses yang dapat kita atur sesuai keinginan kita.


Google Drive ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan backup terhadap data-data yang berukuran kecil hingga data yang berukuran cukup besar. Untuk melakukan backup data atau menyimpan file atau dokumen di Google Drive, Anda harus mengupload file atau dokumen terlebih dahulu ke layanan penyimpanan berbasis cloud ini.

Pada tutorial berikut ini  saya akan berbagi cara upload file dan berbagi file/sharing file yang merupakan salah satu fitur dari Google Drive. 


1.    Sebelum memulai, pastikan anda telah memiliki akun gmail sebagai salah satu syarat menggunakan layanan google drive. Masuk ke alamat https://drive.google.com dari web browser lalu Login menggunakan username dan password gmail anda.

2.    Setelah login akan muncul halaman seperti di bawah ini lalu klik icon Baru untuk menambahkan file dalam bentuk folder ataupun bentuk file tersendiri


Jika memiliki beberapa file sebaiknya membuat folder untuk file yang akan anda share, setelah itu klik 2 kali pada Tugas Manajemen silahkan upload file yang anda butuhkan
3.    Untuk memudahkan kita share beberapa file yang kita butuhkan, cukup share folder yang sudah kita buat tadi, silahkan klik kanan pada folder Tugas Manajemen

4.    Setelah itu ada dapatkan link lalu Ubah di Dibatasi menjadi siapa yang memiliki Link, Agar orang yang memiliki link File dapat membuka File kita tersebut. Selain itu juga ada pilihan lainnya, seperti membatasi siapa saja yang kita tandai untuk bisa membuka Link atau dapat Mengedit Link.

5.    Langkah berikutya klik salin link dan langkah akhirnya klik selesai. Otomatis Tugas Manajemen sudah terbagikan

 

Demikianlah tutorial upload file dan cara berbagi file melalui google drive, semoga bermanfaat.



*** Fandi Media ***

0 Response to "Cara Berbagi File di Google Drive agar di dapat Akses Publik"

Post a Comment