Cara Membekukan (Freeze) Baris atau Kolom di Google Sheets

Cara Membekukan (Freeze) Baris atau Kolom di Google Sheets 

Cara Membuat Baris Nempel Tetap diAtas pada Excel dan Google Sheets

 

Google Spreadsheet telah memberikan banyak kemudahan. Pengelolaan interkoneksi tanpa aplikasi menjadi salah satu kelebihannya. Sebagai alternatif gratisan dari Microsoft Excel, Google Spreadsheet juga tersedia dalam versi seluler dan web. Meskipun tidak memiliki semua fitur Excel, aplikasi ini bekerja dengan baik dengan antarmuka yang mudah dimengerti. Namun tentunya, akan ada perbedaan seperti cara freeze di Google Sheet, cara merging dan cara menempatkan waktu dan tanggal.

Secara fungsional memang, Google Spreadsheet tidak dapat digunakan untuk mengelola kumpulan data yang besar atau melakukan komputasi serius. Tetapi aplikasi web besutan Google ini memiliki fungsionalitas yang dapat digunakan secara mobile. Plus, Google Sheet juga dapat digunakan secara offline atau disinkronkan dengan Google Drive sehingga pengguna dapat dapat mengaksesnya dari beberapa perangkat secara sekaligus.

Kamu perlu ingat bahwa kalau kamu membekukan kolom atau baris di Google Sheets, maka area yang di itu akan terkunci di tempatnya. Ini adalah opsi yang ideal untuk digunakan dengan spreadsheet padat data terutama jika kamu perlu melihat baris atau kolom header agar data lebih mudah dibaca. Dalam kebanyakan kasus cara freeze di Google Sheet, kamu hanya perlu membekukan baris atau kolom pertama. Tetapi kamu juga bisa membekukan baris atau kolom selain baris pertama

Berikut cara membekukan (freeze) baris atau kolom di Google Sheets :

  • Untuk membekukan kolom, pilih kolom yang diinginakan dengan menekan header untuk kolom tersebut, Oleh karena itu, semua data yang diperlukan harus berada di baris awal / kolom lembar
  • Berikutnya  klik pada menu "Tampilan" di bagian atas dan arahkan kursor mouse ke atas opsi "Bekukan"




  • Banyak opsi akan terbuka untuk membekukan baris dan kolom. anda dapat memilih baris / kolom 1 atau 2, atau semua baris / kolom sebelum baris / kolom yang anda pilih.
  • Setelah pilihan kolom pembekuan sudah tentukan, anda dapat menggulir dan melihat baris / kolom tersebut akan tetap terlihat. Garis abu-abu akan membedakan antara baris / kolom beku dan biasa.

 

 

 

 

*** Fandi Media ***

0 Response to " Cara Membekukan (Freeze) Baris atau Kolom di Google Sheets"

Post a comment